Tag Archives: sekedar tahu

Kamu Mencuci Beras Berapa Kali?

“Ran, kamu kalo cuci beras gimana?”

“Ya dicuci aja..” *sambil meragain ngaduk2 udara pake tangan*

“Tau ga kalo beras di cuci vitamin B1 nya hilang?”

“Ha? Iya? Jadi gimana?”

“Sekarang kalo aku masak nasi langsung masak aja ga pake cuci lagi. Haha”

Itu adalah percakapan singkat bersama seorang teman beberapa hari yang lalu. Jujur Rani sama sekali ga tahu menahu masalah nyuci beras bisa menghilangkan kandungan B1 (thiamin) dalam beras. Alhasil, tentu saja nanya ke mbah kesayangan yang selalu setia kapan pun dan di mana pun dibutuhkan oleh siapa pun, mbah gugel.

Continue reading

Advertisements

2 Comments

Filed under Interest, Sekedar Tahu

Masih Puasa Setengah Hari ?

Alhamdulillah, pada detik ini kita masih bisa menghirup udara pada bulan suci Ramadhan.

Hmm, kalau diingat-ingat, dulu Rani waktu masih kelas 1 dan 2 SD, Rani masi menjalani yang namanya puasa setengah hari. Berawal dari situlah Rani improve puasanya sampai  waktu buka yang sebenarnya.

Makin lama, makin bertambah usia, makin banyak belajar, dan juga banyak berfikir, akhirnya jadi tanda tanya juga di dalam hati, memangnya puasa setengah hari itu ada?

http://www.smileycodes.infohttp://www.smileycodes.infohttp://www.smileycodes.info

Continue reading

1 Comment

Filed under Interest, ISLAM, Sekedar Tahu

Jangan Minum Berdiri !

“Hei, minum tu duduk..” 
“Hehehe”

Jangan Ditiru !

Ya elah, dibilang minum harus duduk, malah terkekeh-kekeh gaje pula. Inilah yang sering kejadian sama temen-temen Rani.

Sudah menjadi kebiasaan sekarang untuk minum sambil berdiri ataupun berjalan. Ini merupakan kebiasaan yang kurang baik. Tidak baik malahan. Bahkan Rasulullah SAW melarang kita untuk minum sambil berdiri.

Nah, kenapa ya? Masa ngelarang tanpa alasan?

Continue reading

1 Comment

Filed under Sekedar Tahu

Hanya 2 ! Jangan Rakus !

Nah, bagi yang suka mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus, disaranin nih baca ini.

Pas Rani lagi blogwalking nemu artikel bagus. Ya, Rani share deh..

Sharing is Caring, right? Left deh.. haha

Paris, Mengerjakan banyak hal sekaligus (multitasking) menjadi kebiasaan banyak orang. Tapi mengerjakan lebih dari 2 tugas tidak akan mendapat hasil maksimal, karena otak manusia didesain hanya bisa mengerjakan maksimal 2 tugas sekaligus.

Continue reading

Leave a comment

Filed under Sekedar Tahu

Arisan Haram? Benarkah?

Rani disini berbicara bukan sebagai orang yang membela arisan, dan bukan pula orang yang menentang arisan. Bahkan Rani sendiri bisa dibilang tidak pernah ikut kegiatan yang disebut arisan ini.

Rani disini berbicara hanya sebagai anak yang mau menuju ke ‘sweet 15th’ nya.. Ya, sekaligus juga sebagai seorang anak yang wawasannya masih kurang dari cukup dan masih dalam tahap belajar serta belum memiliki penghasilan tetap (kecuali jatah rutin tiap bulan).

Oke, ga perlu panjang lebar nanti kalo dikali jadi luas pula *ha?, jadi langsung saja.

Continue reading

14 Comments

Filed under Sekedar Tahu

Cacing Kok Tak Berkaki ?

Ha, hari ini hari Minggu.. Dan Rani main ke tempat tante Rani.. Dan tentu saja, nemenin adik Rani yang imut minta ampun main-main di depan rumahnya. x)

Rani (kiri) dan adik Rani (kanan)

Jadi, kami main kebun-kebunan. Kami nanam sisa bibit sawi yang masih ada yang dulu pernah dibeli buat tugas sekolah Rani.

Jadi, pas si Bulan (nama adik Rani) ngorek-ngorek tanahnya, tiba-tiba ada yang nongol dari tanah. Menggeliat-geliat gitu. Dan adik Rani langsung ngambil tu makhluk.

“Kak, ada cacing.” katanya tanpa takut sama Rani.

Continue reading

1 Comment

Filed under Sekedar Tahu