Waspada Islamophobia !!

Tanpa kita sadari, islamophobia sudah mulai menggerogoti iman para penerus Islam di zaman yang penuh dengan toleransi ini.ūüė•

Sebelumnya kita harus ngerti dulu apa yang dimaksud islamophobia ini.

Awal Rani mengenal istilah ini, Rani pikir maksudnya itu phobia terhadap Islam. Ngertikan? Kayak takut gitu sama Islam, sama halnya kayak orang yang phobia ketinggian itu takut berada pada ketinggian. Tapi ternyata setelah Rani nanya mbah gugel, tante wikipedia ngasih jawaban tidak seperti yang Rani pikirkan.

Dari wikipedia dikatakan Islamophobia adalah istilah kontroversial yang merujuk pada prasangka dan diskriminasi pada Islam dan Muslim. Istilah itu sudah ada sejak tahun 1980-an, tapi menjadi lebih populer setelah peristiwa serangan 11 Sept 2001. Taukan, peristiwa pembajakan pesawat di New York yang pelakunya itu Al-Qaeda..

Pada tahun 1997, Runnymede Trust¬†seorang Inggris mendefinisikan Islamophobia sebagai “rasa takut dan kebencian terhadap Islam dan oleh karena itu juga pada semua Muslim,” dinyatakan bahwa hal tersebut juga merujuk pada praktik diskriminasi¬†terhadap Muslim dengan memisahkan mereka dari kehidupan ekonomi, sosial, dan kemasyarakatan bangsa. Di dalamnya juga ada persepsi bahwa Islam tidak mempunyai norma yang sesuai dengan budaya lain, lebih rendah dibanding budaya barat dan lebih berupa ideologi politik yang bengis daripada berupa suatu agama.

Langkah-langkah telah diambil untuk peresmian istilah ini dalam bulan Januari 2001 di “Stockholm International Forum on Combating Intolerance”. Di sana Islamophobia dikenal sebagai bentuk intoleransi seperti Xenophobia¬†(ketidaksukaan atau ketakutan terhadap orang-orang dari negara lain, atau yang dianggap asing) dan Antisemitisme¬†(suatu sikap permusuhan atau prasangka¬†terhadap kaum Yahudi¬†dalam bentuk-bentuk penganiayaan/penyiksaan terhadap agama, etnik, maupun kelompok ras, mulai dari kebencian terhadap individu hingga lembaga).

Berbagai sumber telah mensugestikan adanya kecenderungan peningkatan dalam Islamophobia, sebagian diakibatkan serangan 11 September,¬†sementara yang lainnya berhubungan dengan semakin banyaknya Muslim di dunia barat.¬†Dalam bulan Mei 2002 European Monitoring Centre on Racism and Xenophobia¬†(EUMC) mengeluarkan laporan berjudul “Summary report on Islamophobia in the EU after 11 September 2001“, yang menggambarkan peningkatan Islamophobia di Eropa setelah 11 September..

Nah dari uraian di atas jelas kan gimana islamophobia itu mewabah pada orang-orag non muslim yang memandang Islam sebelah mata bahkan mungkin tutup mata. Lalu gimana dengan Islamophobia pada Muslim sendiri?

Ssalah satu tanda muslim yang terjangkit Islamophobia itu bilang kalau hidup jangan bawa-bawa agama (sekuler), bisnis jangan bawa agama, belajar/bekerja jangan bawa agama, menikah jangan bawa agama, bernegara jangan bawa agama, ibadah juga jangan bawa agama.

Ibadah? Ya, ibadah. Biasanya mereka lebih bersemangat menyambut hari ibadah agama lain daripada agamanya sendiri. Misalnya saja sangat bersemangat ikut merayakan natal dan tahun baru. (ehm)

Sholat jarang, ngaji hampir ga pernah, jilbab dibilang ga wajib, akhirnya parno sama syariat Islam itu sendiri. Ga heran kalo mereka yang termasuk islamophobia ini oke-oke aja ketika ada wacana kolom agama ga perlu diisi, karena bagi mereka itu ga penting-penting amat. So what? Yang Rani dengar alasan dihapuskannya itu soalnya agama itu bisa menyebabkan diskriminasi antar agama katanya. Duh, ga mikir kedepannya deh, kalo misalnya ada ketemu mayat tanpa keluarga, gatau agamanya apa, mau diurus dengan cara apa dia? Mending kalo cewek berjilbab nampak Islamnya, kalo misalnya ga berjilbab dikira non ternyata Islam gimana? Resiko? Lol..

Just for your information, seseorang yang tidak mencintai Islam itu alasannya hanya ada 2, yaitu tidak tahu dan tidak mau tahu. Jika tahu pasti akan tumbuh benih-benih cinta dalam hatinya, terbukti banyak orang-orang hebat yang mau mencari kelemahan Islam untuk menghancurkannya dengan mempelajarinya malah berakhir menjadi pemeluknya yang taat. SubhanAllah~ Dan banyak orang-orang lemah iman yang terbuai oleh kenikmatan dunia yang semu yang keluar dari satu-satunya agama yang dirahmati Allah ini. Astaghfirullah~

Pernah dengar atau baca kalau yang akan menghancurkan Islam adalah orang Islam itu sendiri? Wallahu’alam bishshawab, semoga kita termasuk ke dalam hamba-Nya yang berjalan di jalan yang benar. Aamiin..

Waspada Islamophobia !! Mencegah lebih baik, lebih mudah, dan lebih mulia daripada mengobati.ūüôā

Leave a comment

Filed under Interest, ISLAM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s