Larangan Sujud Seperti Unta

Assalamu’alaikum wr.wb

Pernahkah mendengar yang namanya larangan sujud seperti unta? Mm, sebenarnya gimana sih sujud seperti unta itu? Apakah sujud kita selama ini seperti unta?

Wah, para sahabat yang lagi blogwalking, Rani mau cerita dikit nih sebelum menjabarkan mengenai sujud unta.

Waktu pesantren Ramadhan kemarin, teman Rani lagi semangat-semangatnya ngomongin masalah pengobatan islami, para hafidz cilik, terus juga tempat-tempat bersejarah Islam, sampai juga dengan kegiatan sehari-hari seperti cobaan waktu puasa, tadarus, dan manfaat gerakan shalat. Sampai suatu ketika ada yang bilang, “kamu kalo sujud tangan atau lutut dulu?”. Well, banyak yang jawab lutut, bahkan Rani juga jawab lutut. Terus dia bilang, “sebenarnya yang betul itu tangan dulu lho, kan ada hadist nya tentang larangan sujud seperti unta…”

Nah, mendengar itu Rani mikir, ‘iya ya? Ada larangannya? Emang unta sujud dari lulut dulu?’. Sejak saat itu Rani mulai merubah sujud Rani dengan tangan menyentuh sajadah terlebih dahulu. Sampai suatu hari Rani iseng cari kebenaran di Internet (ya, tentunya tidak hanya dari 1 sumber), dan kalo di simpulin, beginilah kira-kira kesimpulannya…

***

Dari sinilah semuanya berasal…

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila salah seorang sujud maka janganlah dia menderum seperti menderumnya unta, dan hendaklah dia meletakkan kedua tangannya sebelum kedua lututnya.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzy, dan An-Nasa’I, sanadnya dibaguskan oleh An-Nawawy di Al-Majmu’ 3/396, dan dishahihkan oleh Syeikh Al-Albany di Al-Irwa 2/78)

Dalam hadist ini Rasulullah SAW melarang kita turun untuk sujud seperti unta yang mau menderum. Yang demikian karena unta menderum dengan bertumpu pada kedua lututnya yang berada di kedua tangannya. (Para ahli bahasa menyebutkan bahwa rukbah (lutut) unta berada di tangannya, Adapun sendi yang berada belakang itu dinamakan ‘urqub (عرقوب).)

Mazhab Maliki dan para ulama hadist berpegang pada hadist tersebut dan mengatakan bahwa dalam bersujud disunnahkan untuk meletakkan tangan di lantai sebelum kedua lutut. Hadist ini diperkuat dengan berbagai riwayat.

Pendapat Syafi’i dan Hanafi dan mayoritas ulama mengatakan, dalam sujud mendahulukan lutut sebelum tangan dengan berlandaskan kepada hadist riwayat Wail bin Hujr mengatakan ‘Aku melihat Rasulullah shalat mendahulan lutut sebelum tangan dalam bersujud”. (H.R. ABu Dawud Tirmizi Nasai).

Para ulama bersepakat bahwa kedua cara untuk turun sujud, mendahulukan kedua lutut atas kedua telapak tangan atau sebaliknya adalah diperbolehkan. Menurut Imam Nawawi dalam kitab Majmu’, kedua pendapat dalam masalah ini sama-sama kuat, karena sama-sama mempunyai dalil yang kuat.

“Adapun shalat dengan kedua cara tersebut maka diperbolehkan dengan kesepakatan ulama, kalau dia mau maka meletakkan kedua lutut sebelum kedua telapak tangan, dan kalau mau maka meletakkan kedua telapak tangan sebelum kedua lutur, dan shalatnya sah pada kedua keadaan dengan kesepakatan para ulama. Hanya saja mereka berselisih pendapat tentang yang afdhal”(Majmu’ Al-Fatawa 22/449).

(reference)

***

Yah, itulah dia. Sekarang yang mana tipe sujudmu? Tak perlu bingung, kalau sudah beda pendapat gini, tinggalkanlah jika ragu. Pilih yang mantap di hati, toh dua-duanya diperbolehkan kan?🙂

Salam hangat dari Batam~
Wassalamu’alaikum wr. wb.

2 Comments

Filed under ISLAM

2 responses to “Larangan Sujud Seperti Unta

  1. saptamarga

    Onta mana kakinya mana tanganya ? wong unta gak berdiri pada dua kaki kayak manusia..melainkan berdirinya ya empat kaki..

    • Para ahli bahasa menyebutkan bahwa rukbah (lutut) unta berada di tangannya, Adapun sendi yang berada belakang itu dinamakan ‘urqub’. Mungkin yang dimaksud tangannya disini yang sendi depan. Wallahu’alam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s