Mandi Malam Bahaya Ga Sih ?

Cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh melalui mandi yang bersih. Normalnya, kita mandi 2 kali sehari.  Namun pada beberapa orang, dikarenakan aktifitas dan kesibukan maupun kemalasan, mandi baru bisa dilakukan saat malam hari. Banyak yang bilang kalau sering mandi malam itu tidak baik untuk tubuh. Katanya sih bisa menyebabkan kita terserang rematik waktu tua nanti. Bener ga sih?

Beberapa keluhan seputar rematik, memang selalu dikait-kaitkan dengan kebiasaan seseorang yang kebetulan cukup sering mandi malam. Padahal belum ada penelitian medis perihal kaitan yang tegas antara mandi malam baik dengan air dingin maupun air hangat akan menyebabkan keluhan rematik. Nah loh, jadi?

Sekarang kita bahas masalah rematik dulu. Salah satu gejala rematik adalah seseorang yang sering merasakan nyeri sendi pada pagi hari dan nyeri sendi saat baru bergerak. Penyakit ini bisa menimpa semua usia, namun berisiko pada usia lanjut dan orang yang memiliki berat badan berlebih.

Rematik terdiri dari beberapa jenis. Jenis-jenis rematik tersebut bergantung pada penyebab terjadinya rematik. Sebagian besar rematik disebabkan oleh adanya peradangan pada sendi. Peradangan sendi ini pun dapat terjadi mulai dari kekurangan hormon estrogen, faktor genetik, osteoporosis, dan lainnya.

Jadi berhubungan ga nih dengan mandi malam?

Sobat, mandi malam tidak menyebabkan nyeri rematik, tapi mandi malam jelas memperberat keluhan nyeri rematik. Artinya, bagi mereka yang ternyata sudah menderita rematik, tidak dianjurkan mandi malam. Kalaupun memang ingin mandi, utamakan dengan air hangat. Rasa dingin akan memperberat nyeri sendi, dan ini tentu bukan sesuatu yang diharapkan.

Banyak juga orang yang menghubungkan rematik dengan jenis makanan tertentu selain kebiasaan mandi malam, sebenarnya tidak ada pantangan khusus untuk makanan. Biasanya yang terkait dengan pola makan adaalah penyakit asam urat dimana gejalanya memang mirip dengan rematik. Sebaiknya mulailah menjaga asupan makanan dan memperbanyak minum.

Jadi amannya gimana? Jika memang harus mandi malam alias tidak boleh tidak, tenang aja. Ada cara-cara mandi malam yang relatif aman untuk tubuh, misalnya tidak mandi malam dengan air dingin. Lalu keadaan badan sebaiknya tidak terlampau letih. Terus siramkan air mandi ke tubuh secara bertahap, sehingga badan akan menyesuaikan diri dengan air dingin tersebut (kalau mandi pakai air dingin, jadi badan nggak kaget). Tapi kalau bisa mandi sore, kenapa harus nunggu malam?🙂

1 Comment

Filed under Sekedar Tahu

One response to “Mandi Malam Bahaya Ga Sih ?

  1. ia ya padahal orang yang mandi malam menjadi nyeri di bagian sendinya karena sudah mengidap rematik, trematik akan menjdai lebih nyeri ketika terkena air yang dingin, sebenarnya menurutsaya mandi malm tidak ada hubungannya dengan rematik.. terimakasih nice informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s