Bumi Bakal Blackout 23-25 Desember 2012 ??

Sahabat blogger sekalian, mungkin sebagian udah pada tau mengenai isu yang beredar mengenai bumi akan gelap gulita tanggal 23-25 Desember nanti. Atau mungkin mau cari tau kebenarannya?

Mari kita cari tau bersama-sama.

Kabar terakhir yang heboh didunia maya saat ini adalah prediksi Nasa bahwa akan terjadinya kegelapan total selama 3 hari dimulai dari tanggal 23 Desember sampai 25 Desember 2012 yang dikarenakan sejajarnya alam semesta.

Ini adalah petikan pernyataan Nasa yang menyatakan Bumi Gelap Total tanggal 23, 24, dan 25 Desember 2012 yang Rani kutip dari blog sahabat blogger.

“Whether it’s true or not, better be prepared. No panic, stay calm, just pray. Remember to smile more, love more, forgive more everyday. Better avoid traveling during December 2012. NASA predicts total blackout on 23-25 Dec 2012 during alignment of Universe. US scientists predict Universe change, total blackout of planet for 3 days from Dec 23 2012. It is not the end of the world, it is an alignment of the Universe, where the Sun and the earth will align for the first time. The earth will shift from the current third dimension to zero dimension, then shift to the forth dimension. During this transition, the entire Universe will face a big change, and we will see a entire brand new world. The 3 days blackout is predicted to happen on Dec 23rd, 24th and 25th. During this time, staying calm is most important, hug each other, pray pray pray, sleep for 3 nights and those who survive will face a brand new world. For those who not prepared, many will die because of fear. Be happy, enjoy every moment now. Don’t worry, pray to God everyday. There is a lot of talk about what will happen in 2012, but many people don’t believe it, and don’t want to talk about it for fear of creating fear and panic. We don’t know what will happen, but it is worth listening to USA’s NASA talk about preparation.”

Terjemahan Dalam Bahasa Indonesia : 

“Entah benar atau tidak, sebaiknya bersiap-siaplah. Jangan panik, tetap tenang, dan berdoalah. Ingatlah untuk lebih banyak senyum, lebih banyak mencintai, lebih banyak memaafkan setiap hari. Akan lebih baik untuk menghindari perjalanan jauh sepanjang bulan Desember 2012. NASA memperkirakan kegelapan total pada 23-35 Dec 2012 pada saat “sejajarnya alam semesta”. Ilmuan US memperkirakan perubahan alam semesta, kegelapan total pada planet (bumi, red) selama 3 hari dimulai pada 23 Des 2012. Ini bukanlah akhir dari dunia, ini adalah “kesejajaran alam semesta”, dimana matahari dan bumi akan berada pada satu garis lurus untuk pertama kalinya. Bumi akan bertukar tempat dari dimensi ke 3 ke dimensi 0, lalu bertukar lagi ke dimensi ke 4. Selama perpindahan ini, seluruh alam akan menghadapi perubahan besar, dan kita akan melihat Dunia yang baru. Kegelapan selama 3 hari ini diperkirakan akan terjadi pada tanggal 23, 24 dan 25 Desember. Selama kejadian ini terjadi, ketenangan adalah hal yang sangat dibutuhkan, saling peluk satu sama lain, berdoa, dan terus berdoa. Beristirahatlah selama 3 hari ini. Dan mereka yang bertahan akan menghadapi Dunia yang benar” baru … bagi mereka yang tidak bersiap” akan banyak yang mati karena rasa takut. Berbahagialah, nikmati waktu yang ada mulai dari sekarang. Jangan khawatir, dan berdoalah kepada Tuhan setiap hari. Banyak sekali pembahasan tentang apa yang akan terjadi di tahun 2012, tapi banyak yang tidak percaya, karena mereka takut akan menciptakan kepanikan dan ketakutan pada semua orang. Kita tidak tahu pasti apa yang akan terjadi, tapi saya rasa tidak akan sia” untuk mempercayai NASA tentang persiapan yang harus dilakukan.”

~

Sekarang mari kita telaah dari segi astronomisnya.

Meskipun para astrolog seringkali menganggap sejajarnya planet sebagai tanda-tanda bencana, nyatanya, saat enam planet ( Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Uranus dan Neptunus) nampak berjajar pada 2011 lalu, tidak ada peristiwa apapun yang mengancam kelangsungan hidup manusia dan matahari masih setia memberikan sinarnya kepada kita. Bahkan para astronom (baik amatir ataupun profesional) menikmati pemandangan langka tersebut, karena peristiwa tersebut tidak terjadi dalam kurun lima tahun sebelumnya dan lima tahun sesudahnya. Jadi, apakah sejajarnya planet mengakibatkan sinar matahari terhalang menerangi Bumi?

Seorang ilmuwan, Johannes Kepler, pada tahun 1619 berhasil merumuskan hukum (yang selanjutnya disebut hukum Kepler) yang berkaitan dengan gerak dan posisi planet dalam tata surya (yang SMA kelas XI pasti masih fresh dengan hukum ini). Berdasarkan persamaan pada hukum Kepler inilah, kita bisa menghitung dan mensimulasikan apakah betul pada Desember 2012 terjadi peristiwa sejajarnya planet-planet. Hasilnya, Merkurius dan Venus memang nampak sejajar, tapi tidak demikian dengan posisi Bumi dan Mars. Kita bisa juga check disini. Kira-kira itu bisa menggambarkan sedikit dari keadaan yang terjadi.

Oke, katakanlah meski hanya Merkurius dan Venus yang sejajar, apakah sang surya akan terhalang pancaran sinarnya?

Saat terjadi transit Venus Juni lalu, dimana saat itu Matahari – Venus – Bumi berada pada kedudukan sejajar. Betul terjadi peristiwa astronomis yang fenomenal kala itu. Matahari nampak “berjerawat”. Jerawat yang bisa berjalan, bukan diam di tempat seperti jerawat yang muncul di wajah kita dan tak jarang membuat cenat cenut. Total waktu Venus menutupi matahari saat transit sekitar enam jam. Tapi jangan dibayangkan matahari tertutup seluruhnya, hanya tertutup sebagian keciiiiillll, alias seperti yang ditulis di atas, seukuran jerawat di wajah kita sehingga tak cukup untuk menghalangi pancaran sang surya. Meskipun Venus memiliki ukuran hampir sebesar Bumi (95%-nya), tapi karena jaraknya yang jauh, planet yang dikenal sebagai si bintang kejora ini terlihat kecil di langit kita. Justru bulan yang ukurannya hanya 28% ukuran Bumi nampak lebih besar karena jaraknya yang lebih dekat. Sebagai perbandingan, jarak Bumi-bulan dibandingkan jarak Bumi-Venus sekitar 1 : 108. Jadi sanggupkah Venus membuat Bumi kita gelap gulita saat sejajar dengan Bumi? Bagaimana dengan Merkurius? Ukuran Merkurius lebih kecil dari Venus dan jaraknya lebih jauh dari Bumi. (referensi)

~

Nah, kira-kira sudah menemukan jawabannya? Oke, banyak sekali yang bilang kalau kabar ini cuma HOAX, dengan alasannya masing-masing. Termasuklah alasan astronomis diatas.

Situs yang biasanya membahas tentang berita-berita hoax atau kabar bohong, yaitu situs hoax-slayer.com, menyebutkan bahwa pemberitaan tersebut sebenarnya adalah kabar hoax belaka.

Klaim bahwa akan terjadinya gelap di bumi selama tiga hari pada 23 hingga 25 Desember merupakan klaim aneh yang seolah-olah dapat dipercaya karena pada tampilan video yang juga turut disebar menampilkan Administrator NASA, Charles Bolden F. Selain itu berita ini tidak ada ditemukan disitus resmi NASA. Bahkan laporan tentang hal itu juga tidak ada satupun dapat ditemukan pada media yang kreadibel, sehingga sebagai kesimpulannya bahwa benar memang berita tentang bumi akan gelap pada 23 sampai 25 Desember 2012 adalah kabar hoax atau kabar bohong. (referensi)

Jujur aja Rani baru tau kabar ini dari Mama Rani tadi pulang sekolah. Langsung deh cari tau kebenarannya. Hehe, ketinggalan amat ya Rani. #malu.

Tapi, tetep aja semoga bermanfaat bagi kita semua🙂

Leave a comment

Filed under Interest

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s