Masih Puasa Setengah Hari ?

Alhamdulillah, pada detik ini kita masih bisa menghirup udara pada bulan suci Ramadhan.

Hmm, kalau diingat-ingat, dulu Rani waktu masih kelas 1 dan 2 SD, Rani masi menjalani yang namanya puasa setengah hari. Berawal dari situlah Rani improve puasanya sampai  waktu buka yang sebenarnya.

Makin lama, makin bertambah usia, makin banyak belajar, dan juga banyak berfikir, akhirnya jadi tanda tanya juga di dalam hati, memangnya puasa setengah hari itu ada?

http://www.smileycodes.infohttp://www.smileycodes.infohttp://www.smileycodes.info

Puasa setengah hari, atau bahasa kerennya ‘half-day fasting’, dikenal dengan konsep puasanya yang dimulai dari terbit fajar sampai adzan Dzuhur berkumandang, lalu berbuka dan kembali melanjutkan puasa lagi sampai maghrib. Sedangkan kalau puasa yang sebenarnya kan dari terbit fajar sampai tenggelam matahari kan?

Mari kita pikirkan dengan logika dulu. Kita bulatkan saja, misalnya kalau puasa penuh itu dari jam 5 subuh sampai jam 6 maghrib, terus kalau puasa setengah hari dari jam 5 subuh sampai jam 12 dzuhur. Nah, dari sini aja dah keliatan kan, apa itu namanya puasa setengah hari?

Jadi, apa puasa setengah hari itu ada? Hmm, Rani rasa kita sudah dapat sendiri jawabannya.

Nah, apa puasa setengah hari itu boleh? Boleh aja, tapi hanya untuk anak kecil yang dalam masa pembelajaran mengenal yang namanya puasa. Sesegera mungkin apabila anak tersebut sudah sanggup untuk puasa penuh, maka lebih baik puasa penuh. Lebih bermanfaat, dan InsyaALLAH lebih mendatangkan kebaikan. Lagipula anak kecil belum di wajibkan untuk berpuasa, kecuali kalau sudah baligh.

Nah, kalau yang sudah baligh, remaja seusia Rani, apalagi sudah dewasa, masa masih puasa setengah hari juga? Dibilang ga sanggup atau apalah segala macam alasan, bukan berarti membolehkan kita untuk puasa setengah hari. Kalau benar-benar ga sanggup, ada aturannya kok, Allah itu tidak pernah memberatkan hamba-Nya yang mau beribadah kepada-Nya.

Kalau untuk kita yang sudah diwajibkan puasa ini, puasa setengah hari sama saja dengan yang namanya membatalkan puasa sendiri. Rugi sendiri dong jadinya?

~

Just FYI🙂

Diriwayatkan Ar-Rubayyi’ bintu Mu’awwidz:

“Utusan Rasulullah mengumumkan di pagi hari ‘Asyura agar siapa di antara kalian yang berpuasa maka hendaklah dia menyempurnakannya dan siapa yang telah makan maka jangan lagi dia makan pada sisa harinya. Dan kami berpuasa setelah itu dan kami mempuasakan kepada anak-anak kecil kami. Dan kami ke masjid lalu kami buatkan mereka mainan dari wol, maka jika salah seorang mereka menangis karena (ingin) makan, kamipun memberikan (mainan tersebut) padanya hingga mendekati buka puasa.”

(HR Al-Bukhari dan Muslim)

Dari hadist tersebut, dapat kita ketahui bahwa sejak zaman Rasulullah pun, anak-anak para sahabat sudah dilatih untuk berpuasa walaupun masih anak-anak.

1 Comment

Filed under Interest, ISLAM, Sekedar Tahu

One response to “Masih Puasa Setengah Hari ?

  1. the post is really informative for me. i liked it very much. keep sharing such important posts.http://www.maladiretasegmentada.com.br
    happy fasting🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s