Cemilan Si Gue Waktu di Jepang

Ceritanya, sekarang ini gue lagi pertukaran pelajar ke Jepang.. #CERITAnyaaa

Nah, dalam rangka mengenal dan mempelajari kebudayaan di Jepang, gue juga sekalian wisata kuliner sama jajanan khas Jepang. Ceritanya (lagi) nih, gue diajakin jajan sama kak Shinichi, abis itu ditraktirin lagi ! :3 hahahahaha

Mungkin cukup dulu ngayalnya, langsung aja gue kenalin dengan jajanan khas Jepang yang ditraktirin kak Shinichi sama gue waktu itu.

Jajanan tradisional ternyata tidak hanya ada di Indonesia. Di negara lain juga banyak jajanan khas yang dijual maupun dibuat sendiri di rumah. Di Jepang misalnya, terdapat berbagai macam jajanan yang bisa dinikmati.

—> Dorayaki.

Mendengar nama Dorayaki, pasti udah ga asing lagi dong, apalagi bagi penggemar serial Doraemon. Yap, Dorayaki adalah makanan utama yang dimakan Doraemon, robot kucing yang punya kantong ajaib di perutnya itu..

Dorayaki adalah kue tradisional yang bentuknya bundar dan sedikit tembem, terdiri dari dua lembar kue yang biasanya direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur yang lembut, dan pastinya enak dong, apalagi kalo gratis. hehe

—> Takoyaki

Nama makanan ini asalnya dari daerah Kansai, Jepang. Kalo yang ini gue ditaktirnya sama Kak Heiji yang kebetulan lagi berkunjung ke Tokyo. Fufufu~

Berbentuk seperti bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu dan diisi potongan gurita di dalamnya. Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang.

—> Okonomiyaki

Ini jajanan khas Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan menggunakan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam, makanan laut atau daging babi dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan. Sesuai dengan namanya, lapisan atas (topping) okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera orang yang mau memakan.

Tapi walau semenggiurkan apapun, karena gue seorang muslimah yang tau hukum agama, jadi gue melewatkan jajanan yang satu ini, karena gue ga berani jamin kalo jajanan ini bebas dari unsur babi. Walaupun katanya ada yang ga mengandung babi, tapi kan siapa lah yang tau… -___-

—> Mochi

Mochi adalah Kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional Mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang.

Kadang-kadang mbak-mbak atau mas-mas yang jualan itu bikin bentuknya jadi lebih lucu, jadi ga polos gitu aja. Favorit gue itu yang warna ijo, itu rasa teh hijau guys~ :3

—> Taiyaki

Kalau taiyaki ini adalah kue Jepang berbentuk ikan. Pertamanya gue pikir ini bakal kaya rasa abon ikan gitu, ternyata eh ternyata, ga ada rasa ikan-ikannya !

Bikinnya itu bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawah kue. Setelah kue hampir matang, biasanya keduanya disatukan dengan selai kacang merah. Kue ini juga sering diisi dengan cokelat, custard, keju, atau sosis. Jadi bukan semacam abon ikan atau sejenisnyaa.. haha

—> Senbei

Senbei adalah makanan ringan asal Jepang yang dibuat dari tepung beras atau tepung serealia yang lain. Biasanya disebut Japanese crackers. Makanan ringan ini bisa berbentuk bundar, persegi, atau persegi panjang yang pipih, dan dimatangkan dengan cara dipanggang hingga berwarna kuning keemasan.

File:Japanese Senbeis .jpg

Dibandingkan kerupuk, senbei jauh lebih tebal, dan berukuran lebih besar daripada okaki atau arare. Kalau di Indonesia, mirip kerupuk ikan yang agak tebel itu.. Senbei ini rasanya gurih, biasanya temennya itu teh hijau.

(reference)

Fufufu, sebenernya masih banyak jajanan lain yang gue coba, tapi ini aja deh perwakilannya.. Yang mana jajanan favorit lo?🙂

Leave a comment

Filed under Sekedar Tahu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s