Sidik Jari : Tanda Pengenal Terkeren

Begini nih, kalo udah Misteri Otaku #halah😀 Kebanyakan baca Detective Conan sih lu, Ran !! Hehe…

Bagi yang suka baca Detective Conan, atau novel detective, pasti udah akrab banget sama yang namanya ‘sidik jari’.

Sidik jari itu adalah tanda pengenal terkeren yang pernah ada sampai sekarang. Gimana ga keren coba? Sidik jari adalah sebuah identitas pribadi yang akan ada pada kita seumur hidup, ga akan pernah berubah (kecuali terjadi kecelakaan yang serius sampe mengubah pola sidik jari yang ada), dan merupakan originalitas pemiliknya yang ga akan ada yang nyamain di muka bumi ini. Kalo misalnya ada sekitar 5 milyar penduduk bumi, maka ada 5 milyar sidik jari yang berbeda ! Subhanallah…

Karena keunikannya itu yang tak ada duanya, sidik jari sering diandalkan oleh kepolisian dalam penyelidikan kasus kejahatan. Tim forensik akan menelusuri TKP untuk mencari apakah ada sidik jari yang tertinggal untuk dijadikan clue dalam menemukan penjahatnya. Makanya kalau terjadi sebuah kasus, TKP akan diclear up dan siapa saja biasanya dilarang masuk. Soalnya dikhawatirkan bisa merusak sidik jari penjahat yang tertinggal, atau bahkan menghapus sidik jari yang merupakan barang bukti. Yah, walaupun biasanya kalo penjahatnya profesional bakal make sarung tangan biar ga ninggalin sidik jari.. *ATTENTION, saya bukan ngajarin jadi penjahat. OK !

Terus juga sidik jari ini dimanfaatkan orang untuk security alias keamanan. Ini untuk meminimalisir tamu-tamu yang tak diundang agar tidak ikut campur dalam hal-hal yang tidak boleh diikut campuri.

Eits, tapi tunggu dulu.. Gimana ya caranya kok bisa kita meninggalkan sidik jari di barang atau tempat yang kita sentuh? Ternyata pori pori kulit kita itu menghasilkan minyak dan keringat yang tersebar dijari kita. Jadi kalo kita menyentuh sesuatu, cairan ini tertinggal di permukaannya dalam bentuk bekas sidik jari.

Keunikan sidik jari ini baru ditemukan di akhir abad ke-19. Sebelumnya, orang menghargai sidik jari sebagai lengkungan-lengkungan biasa tanpa makna khusus. Ilmu yang mempelajari sidik jari disebut Daktiloskopi, yang berasal dari bahasa Yunani dactylos yang artinya jari jemari atau garis jemari dan scopein yang artinya mengamati.

Sidik jari disini bukan hanya sidik jari di jari tangan lho yaa.. Jari kaki juga bisa menghasilkan sidik jari… Sidik jari kaki biasanya digunakan pada bayi yang baru lahir. Ini bertujuan untuk mencegah tertukarnya bayi yang sering terjadi di rumah sakit. *biar ga ada episode putri yang tertukar gituu.. hihihi

Kerennya lagi, selain sebagai tanda pengenal, sidik jari juga bisa jadi alat untuk mengidentifikasi potensi atau bakat seseorang ! Cara identifikasinya ini dilakukan dengan alat khusus pembaca sidik jari (fingerprint reader) yang dihubungkan ke sebuah komputer yang kemudian menganalisa berdasarkan titik-titik yang menjadi acuan. Sidik jari juga bisa diidentifikasikan secara kasat mata, tapi harus dengan orang yang pakar dibidangnya tentunyaa. Yang bisa diidentifikasikan dari pemeriksaan sidik jari itu adalah mengenai pengendalian logika, reflek, serta perkembangan otak seseorang.

Jadi benerkan? Sidik jari itu adalah tanda pengenal terkeren yang pernah ada ?!!😉

Leave a comment

Filed under Interest

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s