Kok Masih Ngantuk Sih ?!

Udah tidur berjam-jam, bangun-bangun kok masih ngantuk ya? Hmm, bila itu terjadi pada kita, patut diwaspadai tuh.

FYI, rasa kantuk itu merupakan tanda atau sinyal yang diberikan tubuh agar kita lekas beristirahat. Rasa kantuk normalnya datang saat malam hari atau saat merasa lelah. Nah kalau udah istirahat yang cukup tapi masih ngantuk juga, jangan-jangan ada penyakit di dalam tubuh kita. Lebih baik konsultasikan ke orang yang lebih mengerti masalah itu.

Tapi ada juga orang yang karakternya pengantuk. Kalau udah bosan, ngantuk deh tuh. Ada beberapa penyebab yang menyebabkan orang bisa mengantuk bahkan sampai sepanjang hari.

1) Anemia

Kalau kita terlalu sering merasa ngantuk, bisa jadi kita itu mengidap anemia. Anemia (kurang darah) itu menyebabkan kurangnya zat besi dalam darah. Sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuhpun berkurang. Nah, tidak teraturnya persebaran oksigen dalam tubuh inilah yang menyebabkan orang sering merasa ngantuk.

2) Hipotiroid

Apa itu hipotiroid? Hipotiroid itu adalah keadaan dimana menurunnya produksi hormon tiroid. Sedang tiroid itu sendiri adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang berfungsi menontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi. Nah, ketika kelenjar itu kurang aktif dan fungsi metabolismenya terlalu lambat, orang bisa merasa lesu dan selalu mengantuk.

3) Diabetes

Kalau Rani tidak salah diabetes itu diklasifikasikan kedalam beberapa tipe berdasarkan perawatan dan simtomanya. Nah, orang dengan diabetes tipe-2 memiliki tingkat glukosa darah yang tinggi, karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa ini untuk menyediakan energi. Glukosa adalah bahan bakar dari energi yang dilepaskan dalam sel-sel karena adanya oksigen. Jadi biasanya penderitanya selalu mengeluh merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu.

4) Dehidrasi

Kelelahan dan ngantuk bisa jadi merupakan tanda dehidrasi. Maka segeralah mencukupi kebutuhan air dalam tubuh agar selalu merasa segar dan bersemangat.

5) Depresi

Depresi bukan hanya gangguan emosi, tapi juga berkaitan dengan gejala fisik. Kelelahan, selalu mengantuk, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan adalah gejala umum pada orang yang mengalami depresi.

6) Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang dapat menyebabkan perasaan kelelahan dan rasa kantuk terus-menerus. Ini sering terjadi dalam usia remaja sampai dewasa. Bagi penderita insomnia mungkin harus sedikit memaksakan dirinya untuk istirahat demi kesehatan tubuh sendiri, karena tidur itu untuk memfungsikan tubuh kembali, sel-sel dalam tubuh memperbaiki diri dan juga untuk peremajaan diri.

7) Penyakit Jantung

Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk, alangkah lebih baik kita memastikan bahwa jantung kita dalam keadaan baik dan sehat. Soalnya selalu mengantuk itu merupakan salah satu pertanda awal penyakit jantung.

8) Sindrom Kelelahan Kronis

Rasa lelah biasanya akan hilang setelah dibawa istirahat. Tapi untuk sindrom kelelahan kronis, lelah tidak akan cepat hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, lekas marah, dan amnesia ringan.

(source)

1 Comment

Filed under Sekedar Tahu

One response to “Kok Masih Ngantuk Sih ?!

  1. Pingback: Kok Masih Ngantuk Sih ?! | Owl City

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s