Aku Kena Cacar Air !

Cacar Air (atau biasa dikenal sebagai Varisela). Siapa yang tidak kenal dengan penyakit yang sangat populer ini.

Penyakit ini adalah penyakit kulit yang cepat menular, timbulnya tiba-tiba, dan paling sering terjadi pada anak-anak. Namun bisa juga mengenai orang dewasa. Belum lama ini, Rani baru saja sembuh dari cacar air. Yah, yang namanya cacar itu memang ga enak, karena bisa menghambat aktivitas keharian kita.

Penyakit ini biasanya menginfeksi orang yang daya tahan tubuhnya lagi turun. Kemarin Rani kena tular dari adik Rani. Tapi untungnya mungkin daya tahan tubuh Rani ga begitu buruk, jadi cacarnya tidak begitu parah dan berlangsung dalam waktu yang relatif singkat (Rani cuma ga masuk sekolah 2 hari, alhamdulillah… ;D)

Kalau bicara masalah gejala, biasanya pada mulanya penderita akan merasa sedikit demam, pilek, dan akrab dengan 5L (Lemah, Lelah, Letih, Lesu dan Lunglai). Yaa, itu memang gejala khas untuk infeksi virus. Soalnya cacar air kan disebabkan oleh virus yang namanya virus Varicella-zoster. Kadang juga penderita merasakan nyeri sendi, sakit kepala dan pusing. Baru setelah itu timbul kemerahan atau bahkan seperti benjolan-benjolan kecil yang berisi cairan dan berdinding tipis. Biasanya ruam-ruam pada kulit ini gatal sehingga dapat tergaruk tak sengaja.

Nah, kalau udah dalam tahap penyembuhan, cacarnya udah mulai kering, biasanya akan meninggalkan bekas seperti bercak di kulit. Ini ni yang lagi Rani alami. Dan itu mengganggu juga kadang. Tapi alhamdulillah, katanya lama-kelamaan bekasnya itu akan hilang juga. Tapi katanya lagi kalau penderitamya adalah dewasa atau dewasa muda, bekas cacarnya lebih sulit menghilang. Yah, lebih sulit bukan berarti tidak bisa hilang kan? #positive thinking

Yap, kita tahu cacar itu penyakit yang akan sembuh dengan sendirinya, tapi kita juga bisa mempercepat penyembuhannya.. Ga ada salahnya kan kita sharing?

1. Berobat ke Dokter

Hal ini mutlak diperlukan bagi orang yang sudah punya aktivitas rutin dalam kehidupannya. Yaa, kayak pelajar, pegawai dan lain–lainnya, Ingin  cepat sembuh dari cacar ga harus berobat yang mahal kok.. Bisa juga ke puskesmas terdekat.. Rani aja kemarin cuma ke klinik primadati, ga sampai ke Rumah Sakit.

2. Minum Obat Teratur

Sepertinya ini memang syarat mutlak seseorang yang sedang sakit untuk bisa cepat sembuh ya.. Bukan untuk penyakit cacar aja. Biasanya obat untuk cacar diminumnya 5x sehari tuh. Coba aja bagi waktunya supaya teratur.🙂

3. Pakai Salep dan Bedak

Nah, biasanya kan kalau kita berobat dikasi salep tuh sama dokternya. Biasanya salepnya itu salep acyclovir. Yaa, itu supaya cacarnya cepat kering dan cepat sembuh. Tapi kalau gatel-gatel, disaranin pakai bedak salicyl deh. Itu untuk mengurangi gatelnya.. Lalu setelah itu, baru kasi salepnya.

4. Minum Air Kelapa Hijau

Kata orangtua Rani, minum air kelapa hijau itu mempercepat keluarnya cacar. Logikanya kan kalau cepat keluar berarti cepat sembuh. Hmm, ga bakal nolak deh kalau yang satu ini, enak sih..😀 Tapi ingat, jangan minum air kelapanya setelah makan obat, karena air kelapa punya khasiat lain seperti penawar obat.

5. Cara Pendukung

Yang dimaksud cara pendukung disini adalah cara kita untuk memulihkan  daya tahan tubuh kita. Dengan banyak minum air mineral, mengkonsumsi vitamin C atau  bisa juga dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar.

Ada juga beberapa pantangannya yang perlu diperharikan.

1) Lebih baik tidak keluar rumah

Ya, lebih baik tidak keluar rumah dulu, apalagi kalau cuaca kurang bagus. Takutnya bisa menimbulkan alergi pada cacar dan membuatnya lebih lama sembuh karena terkena bakteri-bakteri lain yang ada di udara.
Alasan lainnya, karena angin yang berhembus bisa membaca virus penyebab cacar ke tempat lain sehingga bisa menular kepada orang lain yang berada disekitar kita.

2) Jaga makananmu

Untuk sementara, tinggalkan kebiasaan memakan makanan yang mengandung banyak minyak juga makanan yang amis, Contoh makanan yang mengandung minyak seperi goreng-gorengan, dan contoh makanan yang amis seperti ikan, telur ayam, dsb. Dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau mau cepat sembuh perbanyak makan buah dan sayur yang segar.

3) Kesadaran diri

Seperti yang kita keahui, cacar adalah penyakit yang mudah menular. Jadi diperlukan kesadaran diri dari penderita itu sendiri, atau paling tidak harus ada orang lain yang menjaganya agar sebisa mungkin tidak menularkan ke orang lain.

Rani pernah denger, kalau siapapun yang belum pernah terkena cacar pasti akan kena, sedang yang sudah pernah kena dianggap kebal terhadap penyakit ini. Ntah benar atau tidak, Rani rasa itu kembali ke kitanya juga. Jagalah daya tahan tubuh kita agar tidak mudah terseran penyakit. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Leave a comment

Filed under Sekedar Tahu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s