Batam Ricuh Yaa..

Yak, yang lagi hot-hot nya dibicarakan oleh masyarakat Batam dan sekitarnya, yaitu tentang demo yang digejolakkan oleh para buruh di Batam 3 hari terakhir ini.

Demo ini sangat memberi pengaruh kepada aktivitas masyarakat Batam, termasuklah kami pada anak sekolahan. Hari Sabtu kemarin beberapa sekolah dipulangkan lebih awal untuk menghindari bentrokan dengan para buruh yang mengamuk kepada pemerintah.

Mereka yang demo itu menuntut Bapak Wali Kota Batam menyetujui Upah Minimum Kota (UMK) 2012 sebesar Rp1.760.000,-.

Buruh merusak dan membakar pos polisi di seluruh persimpangan jalan, seperti Simpang BNI Batam Centre, Simpang Jam, Simpang Kabil, Simpang Panbil, dan Simpang Dam. Beberapa sepeda motor dan mobil berplat merah ikut dibakar.

Di jalan utama Kota Batam, ribuan buruh “perang” melawam polisi. Buruh menyerang dengan lemparan batu, sementara polisi membalas dengan tembakan gas air mata.

Kejadian ini membuat Batam menjadi terkenal. Tapi sayangnya, terkenal karena hal yang memalukan.

Semoga demo ini cepat selesai, dan Batam menjadi stabil kembali, dan semua kembali seperti sedia kala.

– PRAY FOR BATAM –

3 Comments

Filed under Princess Babble, Uncategorized

3 responses to “Batam Ricuh Yaa..

  1. adino

    buat para pelajar Batam, yg nantinya jadi mahasiswa dan sebagai calon2 intelektualis, tolong dicerna baik2 masalahnya…Demo tidak harus berakhir anarkis…knpa bisa trjadi anarkis???ingat, hari pertama demo 23/11/11, yth.Bpk Walikota dgn sangat arogan meninggalkan Batam demi menghadiri acara partai Demokrat di Tj.Pinang???adik2 pelajar, tlg buka kmbali catatan UUD’45’nya…”…mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi/golongan”…Nah, benarkah tindakan Wako itu???meninggalkan “buruh” yg merupakan sebagian besar penduduk Batam yg sedang menyalurkan aspirasi/tuntutan UMK???…seharusnya tidak demikian…hari kedua ( 24/11/11 ), sampai tengah hari pak Wako Yth.masih tidak bersedia menemui buruh, kenapa???apakah memang ga bisa???atau memang sengaja meng’acuh’kan buruh???atau dsb.dsb…buruh yg sudah naik tensi sebenarnya masih bisa menahan diri, lepas tengah hari, entah dpt perintah siapa, Satpol PP dan Polisi menghalau paksa buruh dgn tmbakan gas air mata, peluru karet dan yg lebih “konyol” menghancurkan motor2 demonstran yg sedang di parkir…layakkah “aparat” bertindak demikian???silakan ambil kesimpulan…siapa yg “anarkis”???…
    nb: saya seorang buruh yg juga ikut berpartisipasi pada saat itu…dan saya salah satu mantan aktivis yg dulu berjuang me”Negeri”kan Poltek Batam. Entah adik2ku sekarang kemana para mahasiswa???ga ada gaung’nya lagi???ga ada gerakan lagi…kurang kritis terhadap masalah2 sosial kemasyarakatan alias mahasiswa sekarang “cemen” semua…turut prihatin…

    • Missing Princess

      hmm, saya mengerti. memang saya juga tidak bisa menyalahkan para buruh yang berdemo, itu bukan sepenuhnya kesalahan mereka. tapi saya juga kurang setuju dengan tindakan para buruh yang saya dengar kabarnya juga menyerang orang awam yang tidak ada sangkut pautnya dgn pemerintah. semoga menjadi pelajaran yang berharga bagi semua kalangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s