Arti Dari Sebuah ‘Nama’

Nama lengkapku adalah Nyak Nisa Ul Khairani KF.
Nyak adalah penambahan yang diberi oleh abahku yang berdarah Aceh, sedangkan KFnya adalah nama abahku sendiri (Khairul Fajri).
Nisa Ul Khairani, Nisa artinya Perempuan, Khairani artinya bagus/baik (asal khair, ini dalam arti dari bahasa arab yaa). Kalau disimpulkan, Nisa Ul Khairani adalah perempuan yang baik. Wah, namaku ini.. InsyaALLAH deh, amiiin..
Belum lagi panggilanku sejak kecil, ‘Rani’ which means queen in Hindi, kata Mama agar aku dapat menjadi seorang yang dapat memikul tanggung jawab besar dan menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Aamiin Ya Rabb..
Nama adalah sebuah do’a..🙂
.
Memberi nama anak, di dalam Islam mendapat perhatian yang cukup besar. Karena nama itu merupakan identitas diri dan sarana untuk mempermudah komunikasi dengan orang lain. Rasulullah SAW dulu sering mengganti nama seseorang yang baru masuk Islam (mu’alaf), jika sebelumnya nama orang tersebut tidak baik di dalam pandangan Islam. Makanya sekarang para mu’alaf sebagian besar mengganti nama mereka setelah mengucap 2 kalimat syahadat.
.
Nama adalah hal yang pertama kali didapat oleh seorang bayi yang terlahir ke dunia. Nama adalah yang pertama dilakukan seorang ayah terhadap bayi sebagai tanda pewaris dan penerus regenerasi. Nama juga merupakan sarana pertama bagi manusia untuk terjun ke dalam masyarakat.
.
Nama itu memiliki nilai yang amat tinggi. Bahkan melebihi segala sesuatu yang bersifat materi. Sehingga orang akan lebih menjaga nama daripada hartanya, jangan sampai namanya direndahkan, ditentang apalagi dimusuhi.
.
Islam sangat menganjurkan agar memberi nama anak dengan nama yang baik, karena pada umumnya nama memiliki pengaruh terhadap seseorang yang memilikinya, dalam baik ataupun buruknya. Dia merupakan cerminan pemikiran orang tua, apakah dia seorang yang selamat dan mengikuti petunjuk Rasulullah atau memiliki pemikiran- pemikiran yang tercemar dan bahkan menyimpang.
.
Nama yang baik itu akan memberikan kepuasan bagi seorang anak. Ketika anak tumbuh semakin besar, maka biasanya akan banyak bertanya. Terkadang mereka melontarkan pertanyaan, “Mengapa ayah memberi nama aku demikian? Apa artinya?”
.
Alangkah bahagianya sang ayah kalau dia memberi nama yang baik, sehingga dia dapat memberikan jawaban yang menyenangkan buat sang anak. Namun kalau ternyata nama yang dia berikan adalah buruk. Maka terbukalah kedangkalan pemikirannya.
.
Ketika seorang anak tahu bahwa namanya adalah sesuatu yang mulia dan tinggi, maka dia akan bercita-cita setinggi dan semulia namanya sebagaimana yang diharapkan oleh orangtuanya.
.
Ada 3 waktu yang disunnahkan dalam memberikan nama anak :
  • Memberi nama bayi pada saat dia dilahirkan.
  • Memberinya nama dalam masa tiga hari setelah kelahirannya.
  • Memberi nama pada hari ke tujuh dari kelahirannya.
Memberi nama kepada anak adalah hak seorang ayah. Jika ada perbedaan atau perselisihan antara ayah dan ibu maka yang berlaku adalah panamaan dari ayah. Seorang ibu jika kurang setuju hendaknya mengajak musyawarah dengan baik, dengan penuh kelembutan dan jalinan kasih.
.
Tapi boleh juga minta dicarikan nama kepada orang yang terpercaya dan cukup mengerti masalah nama agar memilihkan nama yang sesuai dengan sunnah.
.
ALLAH SWT berfirman yang artinya;
“Panggillah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka; itulah yang lebih adil pada sisi ALLAH.” (QS. Al-Ahzab:5)
.h
Maksudnya itutu gini lho, untuk anak laki-laki, maka setelah namanya ada bin dan disertakan nama ayahnya, bukan nama ibunya. Begitu pula dengan anak perempuan, perbedaannya anak perempuan bukan bin, melainkan binti.
.
Seorang ayah wajib memilihkan nama yang baik untuk anaknya, dari segi lafal maupun maknanya. Diantara ciri nama yang baik adalah: Indah, sejuk di lisan, enak didengar, mengandung makna yang mulia dan sifat yang benar dan jujur, jauh dari segala makna dan sifat yang diharamkan atau dibenci agama seperti nama asing yang tak jelas, serta segala yang memiliki arti buruk.
*duh, namaku banget.. haha
.g
Betapa besar pengaruh sebuah nama kepada seseorang. Terkadang aku berfikir artis-artis di tv itu, banyak yang nama aslinya padahal bagus-bagus, islami, bermakna, tapi malah diganti dengan nama yang dianggapnya ‘keren’ padahal ntah apa artinya, gajelas.
Wallahu’alam..
.

.reference 

1 Comment

Filed under Interest

One response to “Arti Dari Sebuah ‘Nama’

  1. jadi arti namaku apa ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s