Secercah Pelangi Indah Waktu SD

Masa-masa SD. Wah, jemariku udah ga sabar mau mengetik cerita yang berkelebat cepat dipikiranku. Dari kelas 1, sampai kelas 6. Perjalanan terpanjang menuntut ilmu dalam satu jenjang pendidikanku sampai saat ini (kan TK cuma 2 tahun dan SMP 3 tahun).

Banyak banget, kejadian peristiwa yang kalo aku inget-inget bakal bikin senyum, bahkan ketawa sendiri. Itulah, secercah pelangi indah waktu SD.πŸ™‚

Mulai aja kalli yak ceritanya..

~

Setelah 2 tahun di TK Pembina, aku senang, aku akan memakai baju merahputih.. Wah, aku akan menjadi anak SD, ga jadi anak TK lagi. Selamat tinggal TK Pembinaa.. haha, itulah yang mungkin aku rasa waktu itu

Aku daftar di SD Negeri 006 Batam. SD itu lumayan dekat dengan rumahku, masi bisa lah ditempuh dengan jalan kaki (lewat jalan pintas untuk menghindari jalan raya), walau memang agak capek juga.

Jadi, waktu aku daftar itu, aku ga diterima karena alasan umur ga cukup. haha.. umurku waktu itu belum genap 6 tahun. Baru 5 tahun 11 bulan. Dan bukan aku aja, banyak juga teman-teman yang senasib denganku. Akhirnya, adalah sebuah gerakan yang bisa disebut dengan ‘demo’ yang dilakukan para orang tua yang tidak terima anaknya tidak diterima di SD. Singkat cerita, karena demo para ortu itu, aku dan teman-temanku yang lain diterima juga ! hahahaha

Aku ditempatkan di kelas 1-D. oh, kelas terakhir. Haha.. Teman-temanku waktu itu banyak juga yang sebelumnya sama TK denganku. Jadi banyak yang aku kenal. Aku dan teman-temanku diperlakukan dengan spesial dibanding teman-temanku yang ada dikelas 1-A sampe 1-C. Ya , kami masuk siang sendiri. haha.. Sedangkan kelas lain masuk pagi seperti biasa.

Sedikit merasa seperti dianak tirikan sejujurnya. –”

Ya, bahkan ini berlanjut sampai kelas 2. Aku masi di kelas D, dan dengan teman-teman yang sama pula. Aku masi ingat beberapa. Eca, Helmalia, Fitri, Nurun, Fenly, Rian, Halim, Bagas, Annisa, Reza, Hera, dan lain-lainnya lah. Nurun adalah teman sebangkuku dari kelas 1 sampai kelas 2.

Waktu itu, aku masi polos-polosnya. Bahkan sekarang aku sangat mengakuinya. haha.. Pas aku ingat, dulu waktu kelas 2 SD, pernah ada teman cowokku yang mengatakan di menyukaiku karena rambutku yang panjang. Jadi selama seminggu aku tidak mengikat rambut dan membiarkannya tergerai hanya untuk membuatnya senang. Aku pikir dia hanya suka rambutku. haha.. Ketika dia bilang untuk kedua kalinya, dia bukan suka rambutku, tapi akunya. haha, aku jadi malu. Sampai sekarang kalau aku ingat tak dapat luput dari tertawa. xD

Kelas 3, aku masuk kelas 3-B. Waktu itu, untuk pertama kalinya, aku mulai menyukai seorang cowok. Hanya suka-sukaan. Tapi waktu itu ada gosip cowok yang aku suka itu pacaran ama cewek lain. Haha, masi SD, kelas 3, udah mengenal pacaran? Wahwahwah.. Memang dahsyatnya temanku itu. Sejak itu, aku biasa saja. haha

Waktu kelas 3 ini, aku terkenan DBD waktu semester 2nya. Hmm, itu membuat rankingku turun waktu kenaikan kelas.

Lanjut di kelas 4, aku jadi anak 4-D. Ada guru baru waktu itu yang bisa dibilang ‘killer’. Namanya Pak Efri, Efri apalah ntah saya lupa (maaf pak.. uu’). Beliau mengajar IPA. Tapi gatau napa, aku suka sama guru itu. Maksudnya, suka diajar ama beliau. Walau galak, suka marah, kadang menghukum siswa memang agak gimana gitu, tapi aku senang kalo udah masuk pelajarannya. Adem ayem sunyi senyap gitu. haha.. Teman-temanku sih bilangnya, “iyalah, ko kan anak emasnya Bapak itu, ga pernah dimarah..” haha, aku tidak merasa begitu. Menurutku, beliau hanya akan marah kepada anak yang tidak mengerjakan PR, tugas, dan anak yang suka bertingkah di kelas. Jadi kalo ga mau kena marah, ya jadilah anak yang patuh, rajin dan baik. wkwkwk (perasaan aku ga begitu rajin dan baik. tapi patuh? hmm, aku berusaha patuh ke semua guru)

Kelas 5, di 5-C, aku mendapat wali kelas yang baiik sekali. Bu Rojilah namanya. Style berkerudungnya beda dari yang lain, jadi walau dari belakang maupun dari jauh dan ramai, pasti aku akan langsung mengenali beliau. Di kelas 5, aku punya mendapat teman dekat, atau kita sebut sahabat. Namanya Putry Sekartaji.

Kelas 6, aku sudah menjadi salah satu kakak kelas paling senior di SD 06. Di tahun terakhirku di SD itu untuk pengaturan kelasnya berdasarkan ranking. Aku masuk kelas unggulan, kelas 6-A. alhamdulillah… Tapi diubah waktu itu urutan kelas 6-A dengan 6-D, 6-B dengan 6-C. Jadilah aku dan teman sekelasku 6-D.

Di tahun itu, aku dan teman seletting ku semua menjalani sebuah percobaan yang diadakan pemerintah. Yaitu UASBN pertama untuk SD dan sederajatnya. Pemantapan sudah diadakan sejak jauh-jauh hari. Ada beberapa kejadian waktu pemantapan yang ga bisa aku lupain.πŸ™‚

~

rapor SD ani niih..

SoalΒ prestasi, hmm…

Kelas 1 semester 1, aku ga dapet ranking di kelas. Ntahlah dapat ato nggk, yang jelas di rapor tak ditulis aku rank brapa. Dan aku anggap sebagai ga dapat. Aku kecewa? Ya. Waktu itu aku kecewa dengan diriku. Huh, aku ga bisa membanggakan. Tapi abah cuma bilang “gapapa, kan baru pertama kali.”

Nah, pas naik ke kelas 2, aku melejit walau bukan jadi juara kelas. Aku rank 4.πŸ™‚

Kelas 2 semester 1, aku nurun jadi rank 5. Eh naik kelas 3nya tambah nurun, rank 6. Duh kelas 2 aku nurun terus ranknya. Sedih.. Tapi alhamdulillah ga kena marah. haha

Kelas 3 semester 1, aku untuk pertama kalinya waktu itu dipanggil ke panggung gabung ama bintang-bintang kelas yang lain. Aku dapet peringkat juara 3 di kelas. Waktu naik kelas 4nya, aku nurun jadi rank 4, walau nilaiku naik sih. Aku merasa karena lumayan banyak nilai kosong. Soalnya pas semester 2nya memang aku ada absen berapa minggu ntah, opname di RS, kena DBD. Kata mamaku, “gapapa rank 4, kan nilainya yang penting naik.. cuma temen rani lebih naik aja.”πŸ™‚ oh, mama.. I love you, Mom..

Dari kelas 4 semester 1 ini, sepertinya aku dihampiri oleh keberuntungan.πŸ™‚ Aku dapet kesempatan untuk menduduki peringkat pertama di kelasku. Sampai ke kelas 6 semester 1. Semester 2nya? Aku juara 2. haha, alhamdulillah..

Oya, kejadian yang ga bakal kulupain, waktu pemanggilan juara kelas 4 semester 1 itu, aku jatoh waktu mau naik ke panggungnya. >< malu pieusaaan……… pas aku dah naik, cuma bisa terkekeh-kekeh aja lagi. haha.. guruku Pak Stiadi namanya, bilang “wah nisa, senang sekali kelihatannya.. selamat ya..”. iih, aku jatoh bukan karena terlalu senang.Senang sih iya, tapi ga berlebihan kok. Lantai tangganya itu licin, kan abis ujan memang waktu itu. Tapi sudahlah.. Hhaha, senang, malu, becampur jadi satu. xD

Kelas 6 semester 1, aku pernah diberi kesempatan lagi untuk mengharumkan nama sekolah di sebuah olimpiade matematika tingkat Kepri. Alhamdulillah, aku jadi bisa memberi sebuah kenang-kenangan ke SD. Sebuah piala, pialanya cantik, seperti dari kristal. Juara 1 olimpiade matematika se-Kepri yang diadain ama BMC (Batam Mathematic Club).

Semester 2nya, atau bisa dibilang semester terakhir ku, semester saat aku lulus, yaa.. aku memang jadi juara 2 di kelasku. Aku sedih, ya.. Di akhir aku nurun. ^^;

Tapi aku senang, UASBN ku, salah satu tertinggi di sekolah. Di sekolah, ada 2 anak nilai tertinggi. Aku dan temanku, Balqis. Kami jumlah nilainya sama-sama 26,75. Sayang banget, dikit lagi rata-rataku bisa 9 padahal.

Diantara kelas 1 sampe kelas 6, kelas 6 yang paling kusuka. haha

oya, aku juga merupakan penari di sekolah waktu SD.. Walau hanya sebentar.. Soalnya aku belajar nari kelas 4, dan baru mulai jadi penari kelas 5 kalo ga salah. Hmm, kelas 5 ato kelas 6 ya?? Ntah lah, lupa. haha ^^v

~

Mungkin itu aja yang bisa aku ceritain disini. Ada banyak cerita sebenarnya. Aku pengen ketik semua yang aku ingat di lain waktu. Biar nanti aku bisa baca-baca lagi, ingat-ingat lagi, bernostalgia lagi. hahaha

πŸ™‚

(ntah kemana foto-fotoku waktu SD. Aku tidak dapat menemukannya. xD)

Leave a comment

Filed under Princess Babble

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s