Bumi Cinta, aku larut dalam ceritanya

Bumi Cinta, sebuah novel islami karya novelis nomor 1 Indonesia. Habiburrahman El Shirazy, atau yang lebih akrab disapa Kang Abik.

bginilah cover depannya

Tau ga yang mana Kang Abik itu? Itu lho, yang nulis novel Ayat-Ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih, Dalam Mihrab Cinta, sama Di Atas Sajadah Cinta… (Ada ‘Cinta’nya semua ya)

Nah, dan sekarang adalah Bumi Cinta.

Rani baca Bumi Cinta ini dari modal minjem. hehe..

Rani minjem ama Intan, temen Rani yang pernah Rani posting disini juga… (yang my beloved GF itu..)

Ceritanya menurut Rani memotivasi, memang bener novel pembangun jiwa. Rani larut dalam ceritanya, walau ga sampe nangis, tapi mata udah berkaca-kaca waktu baca di beberapa bagian.

Gini nih singkat ceritanya :

Dan tersebutkah seorang pemuda Indonesia bernama Muhammad Ayyas, seorang mahasiswa pasca sarjana di Delhi, India yang juga seorang santri. Muhammad Ayyas yang sebelumnya kuliah di Madinah ini berniat ingin mengerjakan tugas penelitian dari Dosen pembimbingnya yaitu mengenai Kehidupan Umat Islam di Rusia pada masa pemerintahan Stallin.

Tibalah ia di Rusia dengan disambut oleh teman lamanya David. David inilah yang mencarikan apartemen tempat tinggal untuk Ayyas. Dengan alasan keterbatasan budget yang dimiliki Ayyas dan lokasi apartemen yang strategis ternyata David hanya bisa mendapatkan sebuah apartemen yang berbagi dengan orang lain. Parahnya teman seapartemennya itu adalah dua orang wanita Rusia yang jelita. Serangkaian masalah bagi Ayyas pun bermula dari sini.

Yelena seorang pel*cur kelas atas dan Linor seorang pemain biola yang akhirnya diketahui sebagai agen rahasia Mossad adalah 2 wanita yang menjadi teman seapartemen Ayyas. Apartemen yang memiliki 3 kamar ini mengharuskan Ayyas harus selalu berinteraksi dengan keduanya di ruang tamu, dapur, dan ruang keluarga. Sungguh ini merupakan godaan keimanan yang dahsyat bagi Ayyas yang mencoba menjaga kesucian dirinya sebagai muslim.

Godaan bagi Ayyas tidak hanya sampai di situ, dosen pembimbing yang dirujuk oleh dosennya di Delhi tidak bisa melakukan bimbingan ke Ayyas karena sesuatu hal, dia menyerahkan tugas bimbingan ini kepada asistennya. Dan ternyata sang asisten adalah seorang gadis muda jelita bernama Anastasia, seorang penganut kristen ortodoks yang sangat taat.

Interaksi yang intens sang asisten dengan Ayyas menimbulkan rasa simpati yang lebih di hati Anastasia kepada Ayyas. Ketertarikan itu pun kian hari kian menguat. Di lain pihak Yelena tengah dilanda konflik dengan sang mucikari dan Linor sang agen Mossad tengah menyiapkan rencana jahat kepada Ayyas, yaitu menyiapkan rekayasa fitnah sebuah pengeboman yang diarahkan agar Ayyas sebagai pelakunya.

Tiga wanita inilah yang mendominasi jalannya kisah dalam Bumi Cinta. Di sini tokoh Ayyas ada “nyaris” dipenjara karena difitnah melakukan pengeboman di Hotel Metropole oleh Linor.

Kisah ini juga dilengkapi dengan peristiwa pembantaian Zionis terhadap muslim Palestina di Sabra dan Sathila. Nuansa romansa memang terasa sangat kental di sini. Tiap halaman akan kita jumpai gejolak perasaan Ayyas atas wanita-wanita jelita yang dijumpainya. (shaleholic.com)

Saat membaca, terkadang Rani bertanya-tanya. Apa ada sosok seperti Muhammad Ayyas itu? Walau dikisahkan tidak tampan dan juga tidak jelek, namun ia sangatlah cerdas, shaleh, tawadhu, memiliki kepekaan sosial yang luar biasa, sangat romantis dan sifat-sifat baik lainnya. Munafik bila Rani bilang Rani ga suka sosok seperti itu. ~,~

Oia, ending cerita bumi cinta ini, bener-bener bikin penasaran.  Yaitu ketika Linor ditembak oleh agen Mossad setelah ia berhijrah ke Islam. Hingga halaman terakhir tidak diketahui apakah Linor ini akan mati atau selamat. Iiii, bener-bener deh.. Rasanya kurang 1 bab lagi lah minimal. :0

Hmm, di novel ini Rani suka waktu tiba ada bahasa rusianya. Hhaha.. Walau ribet, tapi sukaa… Lalu diceritakan juga keindahan Moskow yang SubhaALLAH.. Membuat Rani ingin mencari tahu bagaimana bentuk keindahannya itu..

Ayo kita simak..😀

Sheremetyevo Airport, bumi Rusia yang pertama dijejak Ayyas

Sheremetyevo Airport

Apartemen Kwartina

MGU

KBRI

Stasiun Metro Smoleskaya

Stasiun Metro Kievskaya

Stasiun Metro Komsomolskaya

Blue Mosque

Gereja St. Basil

Hotel Metropole

Layak dibaca dan dikoleksi.🙂

Sbasiba balshoi !!

3 Comments

Filed under Interest

3 responses to “Bumi Cinta, aku larut dalam ceritanya

  1. maya purnama

    Spakoinoi nochi

  2. maya purnama

    Membaca novel ini membuat aku menyadari betapa sangat kurangnya rasa cintaku pada allah dan ini yang membuatku tersentuh.Andai suatu saat aku ktmu dengan sosok pribadi yg miliki muhammad ayyas.

    • Missing Princess

      yah, rentetan ceritanya memberi pelajaran moral dan siraman rohani. semoga saja teman hidup yang ditetapkan oleh ALLAH 11/12 ama tokoh Ayyas. haha xD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s