Cara Ngilangin Jerawat yang Aman

Haha, tau ga, iklan di tv, yang ada cewek pas bangun pagi-pagi tiba-tiba pas bercermin ada jerawat di keningnya, trus teriak histeris *lebei sumpe xD*. (Namanya juga iklan, haha)

Yaa, yang namanya seorang anak remaja (macam Rani gini la misalnya), biasanya ga asing lagi tuh sama makhluk kecil merepotkan yang bernama jerawat. Kalo cewek-cewek tu, kadang ada yang sibuk , “aduuh, jerawat ni ganggu aja.” “iih, gimana ni cara ngilanginnya?” “aaa, ngeganggu banget sih ni jerawat?!” , dll lah pokoknya.


Nah, kalo misal nih, udah terlanjur berurusan sama jerawat, yang paling pertama kali harus kita lakukan adalah jangan panik. Jangan langsung lari ke kosmetik-kosmetik yang katanya dapet ngilangin jerawat, dapet buat mulus lagi, dapet buat kulit bersih bersinar (macan s*nlight pula xD), dan iming-iming lainnya.

Tau ga sih, ada cara yang lebih baik daripada make kosmetik yang belum tentu cocok sama kulit kita (boro-boro bikin mulus, malah tambah ancyur pula nanti bentuknya). Tau ga apa caranya itu? Tau ga? Tau ga? haha *lama amat, tinggal ngomong aja susah bejet*.

Semua kita pasti tau, kalo yang alami-alami jauh amat sangat lebih baik sekali *halah* daripada yang pake zat-zat kimia. Jadi, Rani disini mau berbagi tentang beberapa cara tradisional yang memakai bahan-bahan alami untuk ngilangin jerawat itu. Coba kita simak, mana tau bisa diterapkan (kan lumayan.. :D).

1. Bawang Putih

Macam ngusir hantu cina aja ya.. xD

Ada dua pilihan nih dalam menggunakan bawang putih untuk ngilangin jerawat. Pertama, kita tumbuk dua atau lebih bawang putih sampe cukup halus lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diemin selama 10 menit lalu bilas deh. Sedangkan cara kedua yaitu dengan memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari.

Banyak yang bilang cara ini cukup efektif. Rani pun kalo mama Rani masak ada pake bawang putih, Rani suka makanin bawang putihnya, biasanya dalam cah kangkung tu. Bawang putih itu rasanya enak kok.

2. Putih Telur

Haha, macam mau buat kue aja. xD

Gimana caranya tho? Haha, mudah aja kok. Pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya aja. Kocok bentar terus olesin ke wajah dan diamin selama 15 menit. Putih telur ini bakal membantu ngurangin minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Pasta Gigi

Satu hal yang perlu diingat disini nih, pasta gigi yang digunakan adalah yang bentuknya pasta(seperti P*psod*nt gitu) bukan yang bentuknya gel (seperti Clos*Up).

Caranya hampir sama dengan 2 cara sebelumnya. Olesin aja pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Biarkan semalaman/sampai pagi kemudian bilas dengan air bersih.
*tapi kata mama Rani, awal-awalnya jerawat yang diolesin pasta gigi bakal merah-merah.. trus nanti kalo teratur olesnya, baru ilang. Tapi pas awal-awal, bentuk wajah ga bisa dijamin lho.. Semua tergantung sama kamu mau keg mana. pande-pande lah*

4. Lidah Buaya

Bukan lidahnya buaya asli, ok. Nyari mati aja ngambil lidahnya buaya, pak-aya ngamuk nanti ! (?) haha

Caranya ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kupas kulit luarnya, oleskan di bagian yang ada jerawat, dan ulangi melakukan cara ini tiap pagi dan sore. Jika cukup telaten, jerawat insyaALLAH akan mengering dan mengelupas selama 3 hari. Selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Sekali lagi kuncinya hanya satu, TELATEN!

5. Tomat

Kalo yang ini, Rani suka ni. Rani sering makanin tomat gitu aja. Bisa dibilang doyan. Hehe..

Buah yang satu ini selain bagus untuk kesehatan mata juga cukup efektif menghilangkan komedo hitam (blackheads). Yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas. Tapi menurut Rani, mubazir lah cuma diolesin, mending dimakan. hehehe

6. Lemon/Jeruk Nipis + Air Mawar

  

Lemon, jeruk nipis dan buah-buah sebangsasetanahairnya mengandung citric acid yang sangat kaya, dimana citric acid ini sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati yang bisa menyebabkan jerawat.

Caranya itu dengan mencampurkan jus/perasan lemon dengan air mawar, terus olesin di wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Penerapan terapi ini secara rutin dan konsisten selama 15 hari akan memberikan hasil yang cukup luar biasa lho.

~~~

At last, its all back to you yourself.🙂

(reference : here)

6 Comments

Filed under remaja, Sekedar Tahu

6 responses to “Cara Ngilangin Jerawat yang Aman

  1. kalau mau cepet pake upil, (diajarin papa)😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s