Cara Belajar yang Mungkin Bermanfaat

Sebentar lagi, tak sampai seminggu lagi. Ya, siswa SMP/Mts di Indonesia yang kelas 9 nya bakal menghadapi ujian akhir nasional. Termasuklah Rani de-ka-ka didalamnya. Sedangkan untuk siswa SMA/SMK, sudah mulai melaksakan UN dari Senin kemarin.

Detik-detik menjelang UN gini, ntah kenapa, bikin malas belajar aja. –” Kalo ada yang punya solusi, kasi tau donk solusinya…

Memang Rani akui, kalo udah dekat gini, susah mau belajar banyak-banyak lagi. Paling ya, me-review dikit-dikit pelajaran yang kira-kira bakal keluar nanti di soal ujiannya. Kalo baru mau belajar sekarang, yaa, Selamat Belajar ajalah dari Rani. Semoga berhasil dan sukses. Soalnya ya, kalo baru mau belajar sekarang, bisa-bisa jadi macam gini nanti. hehe..

Guru Rani ada bilang gini kmaren *kmarennya ntah kapan, lali aku.. haha*,

“Nanti waktu jawab soal ujiannya, Ibu kasi tau ada 3 cara. Yang pertama, jawab pake otak, berdasarkan yang udah kalian pelajari. Gunakan nalar dan logika kalian. Kalo ga bisa, cara nomer 2 nya ya pake mata. Pande-pande kalian laa kalo itu. Kalo pengawas ga mendukung untuk cara kedua, cara ketiga, cara yang paling gampang, pilihnya pake perasaan. Yang muslim mungkin, baca Al-Fatihah, atau Yasin kalo hapal. Kalo ga hapal, kancing baju kan ada..”

Haha, sekelas Rani ketawa dengernya.

Untuk sekilas info, menjelang UN tahun ini, Minggu (17/04) kemaren ada dzikir akbar yang diadakan untuk siswa kelas 9 SMP/Mts sekota Batam di Masjid  Agung Batam. Rani ada ngisi acara kmaren dari sekolah, tapi sepertinya kurang seperti yang diharapkan.. Tapi ya sudahlah.. *ga pentink

Ini Rani ada sedikit cara supaya belajar lebih enak dalam persiapan menghadapi ujian. Kan masi ada beberapa hari tinggal, yang belum merasa mantap, boleh coba ni cara, hehe..

1. Belajar Kelompok

Belajarnya InsyaALLAH ga akan buat bosan, karena belajar kelompok dapat juga dikatakan belajar bareng temen-temen.  Dapat diselingi dengan canda dan tawa yang akan menghidupkan suasana. Belajar kelompok bisa dengan tutor sebaya atopun ada pembimbingnya. Tapi jangan sampe awalnya niat belajar kelompok, malah jadi bermain kelompok. ^^;

2. Rajin buat ‘note’, kecil-kecil aja

Nah, waktu kita lagi belajar-belajar, pasti kan ada poin-poin pentingnya tu. Ya, yang kira-kira kita susah ingat, boleh la di catet.. Di catatan kecil-kecil aja. Jadi bisa kita baca kapanpun butuh (kecuali kalo udah ujiannya). Tapi kita ngebuat catatan kecil ini BUKAN untuk contekan yaa.. Lebih baik jangan deh kalo buat contekan, jangan ambil resiko !

3. Disiplin waktu

Kalo dah mau deket-deket ujian, harus lebih disiplin waktu. Jangan suka nunda-nunda pekerjaan. Nanti kalo numpuk, kita yang kalang kabut.

4. Menjadi lebih aktif bertanya

Kan kalo mau ujian gini biasanya guru-guru bakal ngasi kisi-kisi ato sering juga disebut SKL mata pelajaran. Nah, dari SKL/kisi-kisi itu kita kan bisa tau materi-materi yang bakal keluar. Otomatis, kita bisa mengetahui, materi mana yang kita masih lemah. Dalam hal ini, kitalah yang harus menjadi lebih aktif untuk memantapkan materi yang kita masih lemah

5. Belajarnya harus serius

Walaupun belajarnya cuma sedikit-sedikit aja lagi, tapi harus tetep serius. Kalo main-main, kan sia-sia aja belajarnya. Ntah masuk ntah  tidak apa yang kita pelajari itu. Yang ga kalah penting juga, niat musti kuat.

6. Hindari  ‘SKS’

Tau ga apa itu ‘SKS’ ? Wah, pasti dah pada tau ya, dah pada akrab sih.. hehe.. yop, SKS itu adalah Sistim Kebut Semalam. Kan orang sering tuh, besok mau ulangan/ujian, malam sebelumnya bantaila belajar semalam suntuk, sampe mau meledak rasanya. Sukur-sukur kalo masuk, kalo kagak? Kan capek-capekin aja.. Itulah makanya kita dianjurkan untuk mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari, supaya kita nggk perlu menempuh SKS itu tadi.

7. Budayakan Hidup Jujur

Jujur itu indah lho.. Dapat menimbulkan kepuasan diri. Ga percaya? Coba deh. Hindarilah contek-mencontek saat ulangan/ujian. Saat kita mencontek, sadar ga sih kalo kita itu udah berbuat curang. Kita juga udah membohongi diri sendiri. Saat mencontek, berarti sama aja dengan kita membodohi diri sendiri. Apa yang bisa dibanggakan dari nilai tinggi hasil contekan ? Akan lebih membahagiakan lagi bukan kalo kita dapat nilai tinggi hasil kerja sendiri ?

***

Ok, segitu aja kali ya.. Rani berharap semoga ujian yang sudah di depan mata ini bakal berjalan lancar sesuai harappan semua orang. Mudah-mudahan soal-soalnya dapat dikerjakan dengan mudah, dan ga bikin pusing.. Sehingga setiap siswa bisa meraih nilai setinggi-tingginya dan lulus dengan nilai memuaskan. Amiin.. *aminin donk…*

2 Comments

Filed under remaja

2 responses to “Cara Belajar yang Mungkin Bermanfaat

  1. I’m linking this webpage from my private blog . this has all the usefull information necessary. Regards: SB2011LAIN_AING

  2. wah, membantu banget kak. tengs yaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s