Suka Jajan ? Liat dulu apa yang dibeli !

Jajan ?

Siapa coba yang ga kenal sama istilah satu itu. Istilah yang sangat populer dan selalu dipakai terutama oleh anak-anak..

Di sekolah-sekolah *termasuk sekolah Rani*, banyak aneka jajanan yang dijual. Mulai dari bakso, mie ayam, nasi goreng, batagor, soto, sate, es krim, es sirup, es teh, es-esan, sampai aneka kue kering dalam kemasan yang rasanya gurih-gurih gimana gitu. Dan tidak mungkin ketinggalan aneka roti, snack-snack, coklat, biskuit, dan permen-permen yang kadang menjadi selingan dan cemilan saat istirahat.

Lingkungan jajanan di sekolahpun ada 2, ada yang di dalam sekolah yang kita sering sebut dengan ‘kantin sekolah’, dan ada yang diluar sekolah yang biasanya berbentuk warung-warung biasa atau pedagang2 kaki lima.

Jajanan diluar sekolah

Rasanya kalo udah ke sekolah, dan ga jajan di kantinnya, kurang lengkap rasanya. Apalagi kalo misalnya jajanannnya itu menggiurkan. Aromanya enak, warnanya keren, atau bentuknya cantik, de-el-el. Rasanya simpanan di saku ga sabar mau ditukarin sama tu barang.

Tau gak sih, jajanan enak itu belum tentu sehat lho..❗

Kan sering tuh kita liat di tipi-tipi, banyak bahan-bahan yang membahayakan kesehatan dipakai dalam komposisi jajanan yang dijual. Terutama jajanan yang dijual pada ‘anak-anak’ karena anak-anak dianggap masi lugu dan ga bakal nanya macem-macem.

Biasanya tuh, bahan-bahan berbahaya yang dipake formalin, boraks, natrium siklamat, rhodamin B, dan sakarin. Bahan-bahan itu kan ga boleh dicampur dengan makanan. Formalin misalnya, biasa dipakai untuk mengawetkan mayat, juga untuk antiseptik, dan penghilang bau. Sedangkan boraks biasa digunakan untuk pengawet kayu, pengontrol kecoa, dan bahan pembersih. Sementara rhodamin B sering digunakan sebagai zat pewarna pada kertas dan tekstil. Masa kita makan itu ? Ueks😛

Nah, kalo jajanan di kantin sekolah, sepertinya masih bisa dipercaya. Karena masih dalam lingkungan sekolah. Guru-guru pasti tidak akan mau muridnya sakit gara-gara makan jajanan di kantin sekolah kan ?

Tapi kalo jajanan diluar sekolah ? Ini nih yang agak bikin masalah. Terkadang tempat menjualnya aja ga dipikirin mateng-mateng sama penjualnya. Okelah kalo tempatnya baik, tapi kalo dijualnya dekat tempat sampah ? Iiih, tau kan hewan apa yang suka hidup di tempat sampah? Nah, terus jajanan yang mau kita beli itu udah dinikmatin duluan sama tu hewan. Kan kita jadi beli bekas si hewan ituu.. Iuuuuh

Ini nih hewannyua

Atau tempatnya cukup bersih, namun wadah tempat penjual meletakkan dagangannya itu ala kadar. Ga terjamin kebersihannya, dibersihinnya asal-asalan. Atau pernah ga liat penjualnya itu kukunya panjang, item-item, peluhnya berjatuhan, aaaa~ ntah jadi apa yang dijualnya itu. Belum lagi kalo jajanannya memang pada dasarnya udah ga sehat. Hayah sudah.. Beli penyakit lah berarti.

Yang bikin miris, udahlah jelas tu jajanan ga baik buat di konsumsi, tapi adaa juga yang beli. Dan yang beli itu adalah ‘anak sekolah’. Memang di sekolah ga diajarin apa? Atau memang ga sayang kesehatan ? Pengen sakit supaya ga usah sekolah ? Uedan !

Jadi gimana dink ? bawa bekal ? Kalo ga sempat gimana ? *bilang aja malas, pake bilang ga sempat segala* hehe

Kita bukannya ga boleh jajan lho.. Jangan salah kaprah. Nanti para penjual jajanan2 pada protes pula sama Rani. hihihi

Jalan keluarnya, yaitu kita harus pandai memilih jajanan yang baik dan sehat.

* Pastikan makanan atau jajanan yang akan kita beli itu, bersih. Untuk itu, perhatikan bagaimana makanan itu disiapkan, dan disajikan. Begitu juga bahan-bahan yang dipakai untuk membuat makanan ini, mesti bersih juga.
* Hindari makanan yang mengandung atau memakai zat-zat tambahan, seperti zat pemanis, pengawet, penyedap, dan pewarna buatan, juga zat-zat berbahaya lainnya. Jadi jangan cepat tergoda pada makanan yang pakai saos, es sirup yang kelewat manis, juga kue-kue basah yang berwarna mencolok.
* Hindari makanan-makanan yang tidak segar. Apalgi udah berwarna kusam dan berlendir.
* Cari makanan yang kalo bisa bergizi.
* Kalo makan buah-buahan, lebih bagus buah-buahan yang berkulit seperti jeruk, pisang, mangga, dan lain-lain lah pokoknya.
* Tapi, balik lagi. Kalo mungkin, bawa aja bekal dari rumah. Makanan dari rumah pasti kan lebih terjaga kebersihan dan ‘keamanannya’. Lagian sekalian nabung kan lumayan..

bawa bekal ajaa😀

Nah, biasanya yang suka jajan sembarangan itu yang suka lapar mata tuh. Liat sesuatu yang menarik perhatian dikiit aja, dah gatel mau beli. Rani yakin sahabat semua pasti mempunyai pemikiran yang kritis soal jajan ini untuk kedepannya.

Jadi, nanti kalo ada orang yang kita kasihi, kita sayangi, kita cintai jajan sembarangan, apa kita akan membiarkannya begitu saja ? Kalo kita biarin, berarti kita ga sayang sama orang itu. Ingatlah sahabat, kalo kita sakit, itu bisa bikin orang lain repot. Ga maukan ngerepotin orang lain ?

~~~

Rani nulis postingan ini karena melihat jajanan yang dijual dibelakang sekolah Rani. Prihatin melihat teman2 Rani yang suka beli jajanan itu. Ya ALLAH.. Ga ngeliat apa ada hewan yang hinggap-hinggap di jajanannya ?

http://www.smileycodes.info

4 Comments

Filed under remaja, Sekedar Tahu

4 responses to “Suka Jajan ? Liat dulu apa yang dibeli !

  1. batamcheater

    postingan bagus lho

  2. Dulu pas jaman di Aceh aku sering heran lihat di tiap gang kampung-kampung ada tukang jualan snack. kemasannya jelek dan pakai pewarna serta perasa yang nggak aman. tapi tetep aja laris karena anak2 kecil suka dan orangtuanya nggak ngasih tahu klo makanan tadi bahaya.

    • Missing Princess

      memang pada dasarnya yang namanya anak2 suka banget jajan.
      dan biasanya apa yang ada dan menarik perhatiannya pengen dibeli, pengen dirasa. nah, kalo orang tua tidak melarang, sudah jelas kan siapa yang salah ? atau jangan2 orangtuanya tidak tau kalo jajanan yang dibeli anaknya tidak baik buat kesehatan. setidaknya, kalo anak sudah sekolah, kan dikasi tau sama gurunya. kalo tetap dikonsumsi, baru salah anaknya sendiri. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s