Dino o~ saurus :D

Dinosaurus. Ya, hewan yang biasanya akan menarik perhatian siapa saja untuk membicarakannya. Dari adik kita, kakak-abang kita, mama-papa kita, atau bahkan mungkin kakek-nenek kita.😀 Dan tentu saja kita juga..

Apa yang terpikir olehmu saat membicarakan dinosaurus ? Apakah hewan besar yang bergigi tajam dan mengerikan ? Atau hewan-hewan yang ada dalam film Jurasic Park hasil garapan dari Sutradara Steven Spielberg ? Atau berimajinasi yang lain ?

Nah, terlepas dari itu semua, kita semua tau kalau dinosaurus adalah hewan yang menarik untuk dibicarakan.

Dinosaurus adalah suatu jenis hewan yang pernah hidup di bumi berjuta-juta tahun yang lalu. Jenis hewan ini diperkirakan muncul pertama kali sekitar 225 juta tahun yang lalu dan bertahan selama 160 juta tahun.

Dinosaurus adalah hewan yang wujudnya menyerupai reptilia yang hidup sekarang ini. Ciri paling umum dinosaurus yang hidup di darat adalah kulitnya yang kering dan bersisik. Dinosaurus itu digolongkan sebagai hewan ovipar. Tau kan, hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Bedanya dengan hewan reptilia sekarang mungkin hanya dalam cara berjalannya. Karena kalau Rani ga salah, dinosaurus bisa berjalan dengan dua kaki belakangnya (seperti binatang mamalia), sedangkan reptilia sekarang berjalan dengan empat kaki ataupun melata.

Dari film-film yang pernah kita tonton, mungkin kita sering melihat dinosaurus yang makan daging. Lantas apa semua dinosaurus adalah pemakan daging ? Ternyata tidak lho. Dinosaurus itu juga digolongkan menjadi 3 kategori seperti hewan yang hidup sekarang ini. Yaitu pemakan daging (karnivora) yang contohnya Tiranosaurus Rex dan Velociraptor, pemakan tumbuhan (herbivora) seperti Diplodokus dan Parasaurolofus, serta pemakan segala (omnivora) seperti Troodontids dan Prosauropods.

Dino Karnivora

Dino Herbivora

Dino Omnivora (Trodontids)

Tiranosaurus Rex (atau sering disebut T-Rex) adalah raja dinosaurus yang sangat guanas. Menurut para ahli purbakala, T-Rex selain memakan hewan buruan, juga memakai bangkai T-Rex lainnya yang telah mati. Hewan ini merupakan jenis karnivora paling besar dan paling kuat yang pernah hidup di muka bumi. Panjang tubuhnya mencapai 14 meter dan berat badannya mencapai 7,5 ton.

Jadi apakah T-Rex merupakan jenis dinosaurus paling besar pada masa lalu? Jawabannya adalah TIDAK ! Yang paling besar adalah Ultrasaurus. Panjang tubuhnya mencapai 100 meter dengan tinggi mencapai 17 meter. Beratnya sendiri dapat mencapai 136 ton ! Coba saja bandingkan. Untungnya Ultrasaurus adalah hewan herbivora, bukanlah seekor predator. Karena yang dikonsumsinya adalah daun-daun dari pohon.

Gambaran Ultrasaurus

Tahukah kamu kalau tidak semua dinosaurus berukuran besar? Ada juga yang berukuran kecil seperti dinosaurus jenis Komsognatus. Komsognatus memiliki panjang tubuh hanya 60 cm dengan berat hanya mencapai 2,5 kg.

Dinosaurus bukan hanya ada di daratan lho.. Di lautan juga ada ! Misalnya Elasmosaurus dan Ikhtiosaurus.

Elasmosaurus, salah satu "Dino di laut"

Elasmosaurus adalah salah satu reptilia purba yang memiliki ciri utama lehernya yang panjang hingga mencapai 3 kali panjang tubuhnya. Lehernya yang panjang digunakan untuk berburu ikan dan pteranodon (diosaurus bersayap). Panjang tubuhnya mencapai 14 meter dan beratnya mencapai 2,2 ton.

Sedangkan Ikhtiosaurus adalah sejenis kadal-ikan yyang berkembang biak dengan beranak dan bernapas dengan insangnya. Bentuk fisiknya mirip ikan mulut pedang dan lumba-lumba.

Tadi Rani ada menyebut Pteranodon, salah satu dinosaurus terbang yang terkenal. Contoh yang terkenal yang lain adalah Tropeognathus. Sayap Pteranodon dan Tropeognathus tidak seperti burung masa sekarang yang terdiri dari bulu-bulu, namun sayapnya terbuat dari selaput tipis yang sangat ringan. Lebar tubuhnya dari ujung sayap ke ujung sayap lainnya mencapai 14 meter.

Pteranodon, salah satu "Dino bersayap"

Nah, ternyata pada masa lalu, dinosaurus menguasai dunia ini baik di darat, laut dan udara ! Begitu besarnya jumlah dinosaurus sungguh merupakan hal yang menakjubkan. SubhanALLAH…

Namin sekitar 65 juta tahun yang lalu, dinosaurus punah dari muka bumi ini secara mendadak. Kepunahan ini merupakan sebuah misteri besar bahkan sampai saat ini. Berbagai ilmuwan dengan berbagai latar belakang ilmu pengetahuan akhirnya melahirkan berbagai teori kepunahan dinosaurus.

Misalnya teori terjadinya aktivitas gunung berapi besar-besaran, teori sebuah penyakit yang menjangkit dinosaurus, dan teori perubahan iklim sehingga terjadi masa es (Ice Age). Namun semua teori-teori di atas itu akhirnya gugur satu demi satu karena kekurangan data.

..hingga sebuah teori lainnya muncul..

yaitu teori mengenai terjadinya hantaman asteorit. Inti teori ini adalah adanya sebuah asteorit yang sangat besar yang menghantam lautan sehingga menyebabkan debu dan uap air membumbung ke angkasa. Debu dan uap air menghalangi sinar matahari sehingga menyebabkan perubahan iklim dan suhu bumi dingin. Penurunan suhu mengakibatkan banyaknya tumbuhan yang mati sehingga semua dinosaurus kekurangan makanan dan mati. Sementara itu, beberapa mamalia justru tidak mati karena melakukan hibernasi (tidur musim dingin). Teori hantaman asteorit ini didukung oleh temuan sejumlah iridium, yakni bahan yang umumnya terdapat pada meteor dan jarang ditemukan di bumi.

Namun teori tetaplah teori.

Sejumlah ilmuwan lain tetap tidak sependapat dengan teori hantaman asteorit ini karena bukti adanya asteorit besar yang pernah menghantam bumi itu tidak pernah ditemukan hingga sekarang ini.

Tapi walau bagaimanapun, tampaknya teori inilah yang hingga sekarang paling masuk akal dan diakui sebagian besar masyarakat. Snking terkenalnya, bahkan teori ini sering digunakan untuk film-film layar lebar bertemakan kepunahan dinosaurus.

Nah, menurutmu bagaimana? Apa kamu punya teori sendiri dibalik kepunahan dinosaurus ? Mana tau suatu saat nanti salah satu diantara kitalah yang menjadi pengungkap rahasia masa lalu bumi kita ini. Kan kereen..😀

5 Comments

Filed under Uncategorized

5 responses to “Dino o~ saurus :D

  1. Pingback: Si Dino~ | Turkish Delight

  2. why?

    aku tertarik, hebat ….

  3. Uni Milda

    Hmm cerita yang bagus Kak Ani,…coba juga deh Kakak Ani buka juga webnya Harun Yahya yang juga punya teori soal makhluk purbakala,sekedar untuk menambah referensinya Kak Ani..ternyata mengejutkan lho,….hewan ribuan tahun lalu itu ternyata sama persis dengan hewan yang sekarang,..Harun Yahya mematahkan teori evolusi, tapi bagaimanapun manusia amat sedikit ilmunya,..semua kita serahkan lagi pada Sang Maha Mengetahui,…sukses ya buat Kak Ani,.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s