Hewan pun Kenal Matematika

MATEMATIKA

Apa yang ada dibenakmu ketika mendengar kata “Matematika”? Pasti yang kamu pikirin adalah bermain-main dengan angka dan operasi hitung. Rani sok tau ya.

Hmm, matematika dan angka. Dua hal yang berhubungan dengan hitung-menghitung. Itu adalah kegiatan yang sudah melekat dengan manusia sejak zaman dahulu kala. Sebuah kehidupan tanpa matematika pasti janggal dan tak masuk akal. Coba aja bayangin.

Angka dan matematika sudah banyak ikut andil dalam sejarah-sejarah kehidupan manusia. Mari kita lihat, berkat angka dan matematikalah manusia dapat pergi ke bulan! Berkat angka dan matematika pula pesawat dapat terbang, kapal laut dapat terapung, komputer dapat bekerja, hingga PS (PlayStation) bisa kita mainkan.

Bahkan bukan hanya dalam dunia sains aja. Angka dan matematika juga membawa pengaruh dalam kehidupan ekonomi, bisnis, perbankan, hingga dunia militer.

Matematika, identik dengan angka

Bicara tentang perhitungan matematis, ternyata aktivitas itu bukan hanya dilakukan oleh manusia ! Berbagai spesies lain juga melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun mungkin sangat sederhana dibandingkan perhitungan manusia..

Pernah kan ngeliat seekor monyet atau lumba-lumba yang dapat berhitung ? Percayakah kamu kalau hewan-hewan itu benar-benar mengerti matematika ? Atau mungkin itu cuma sekedar trik dari sang pelatih di suatu show ?

Charles R. Gallistel

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu telah mendorong seorang pakar peneliti matematika dari Universitas Turgers, New Jersey – AS yang bernama Charles Gallistel untuk mengumpulkan bukti mengenai tingkat intelegensia (kecerdasan) yang mungkin dimiliki hewan.

Pembuktian pertama dilakukan pada seekor simpanse. Alasan kenapa simpanse adalah karena secara genetik simpanse merupakan hewan primata yang sangat dekat dengan manusia.

Percobaan apa yang dilakukan oleh ilmuwan ini ?

“Sebenarnya sangat sederhana, kami menggantungkan pisang di langit-langit ruangan. Dan meletakkan beberapa kotak mainan di ruangan yang sama, dengan harapan simpanse akan menyusun kotak-kotak untuk mengambil pisang itu..”, ungkap ilmuwan itu.

Simpanse

Hasilnya memang sesuai dengan harapan! Awalnya simpanse hanya mengamati pisang yang tergantung di langit-langit. Kemudian mencoba mengambilnya. Karena tidak dapat menggapainya, simpanse mulai memperhatikan sekitar ruangan, dan segera menyusun kotak-kotak yang ada. Sehingga dapat digunakan sebagai panjatan untuk meraih pisang yang tergantung.

“Ini membuktikan bahwa simpanse memiliki perhitungan matematis di kepala mereka.” tambahnya.

Ada juga percobaan lain yang dilakukan oleh Tim Pennings, seorang ilmuwan peneliti hewan dari Unuversitas Hope, Michigan, AS. Ia melakukan percobaan pada anjing peliharaannya yang bernama Elvis dengan bermain fresbee di pantai.

Lalu bagaimana dengan hewan lainnya?
Ternyata, universitas Harvard di AS telah melakukan penelitian serupa sejak dulu. Kesimpulannya, hewan dari berbagai spesies ternyata juga memiliki kemampuan berhitung secara matematis.

Misalnya rubah terbang yang selalu memperhitungkan jarak antar pohon serta ketinggian tempatnya melompat, agar tidak terjatuh ke tanah. Atau burung-burung bangau yang melakukan migrasi. Mereka pasti memiliki pengetahuan navigasi yang sangat hebat dan ini berarti sebenarnya mereka mengerti matematika.

Nah, walaupun  beberapa jenis hewan terbukti memiliki tingkat intelegensia cukup tinggi, namun tidak berarti semua hewan memiliki kemampuan menghitung matematika, apalagi seperti manusia.

Bagaimanapun, kemampuan otak hewan tentu tidak bisa dibandingkan dengan otak manusia. Sebenarnya perhitungan matematis yang dilakukan hewan, merupakan perhitungan sederhana, yang dilakukan sebagai upaya praktis untuk menjawab kebutuhannya. Seperti yang dilakukan simpanse untuk mengambil pisang, anjing yang mengejar fresbee, rubah terbang yang berpindah dari satu pohon ke pohon lain, burung bangau yang bermigrasi, atau mungkin contoh lainnya yang kamu ketahui.

Nah, setelah membaca ini, apakah kamu setuju kalau hewan ternyata juga mengenal matematika ?

Leave a comment

Filed under Sekedar Tahu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s