3 Pertanyaan Sulit

Rani nemu satu artikel yang bagus. Mungkin ada yang udah pernah baca, tapi tak ada salahnya untuk dibaca sekali lagi. Mari kita simak bersama..🙂

~

Ada seorang pemuda yang pergi belajar ke luar negeri untuk waktu yang cukup lama. Saat ia kembali, ia meminta orang tuanya untuk mencarikan dia seorang sarjana agama atau ahli agama yang bisa menjawab 3 pertanyaan sulitnya. Akhirnya orang tuanya membawakan seorang sarjana agama yang masih muda juga, namun tampak menguasai bidangnya.

“Siapa anda ? Bisakah anda menjawab 3 pertanyaan saya?,” Tanya si pemuda.
“Saya hanyalah salah satu hamba ALLAH dan insyaALLAH saya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda,” jawab sarjana agama itu.

“Apakah Anda yakin anda dapat menjawabnya ? Banyak profesor dan ahli sudah saya tanyakan, tapi tidak dapat menjawab pertanyaan saya.”
“Saya akan mencoba yang terbaik agar tidak mengecewakan anda, dengan pertolongan ALLAH Ta’ala tentunya.”

“Baiklah, langsung saja. Saya memiliki 3 pertanyaan,

1. Apakah Tuhan itu ada? Jika ada, tunjukkan bentuk-Nya.
2. Apakah nasib (Takdir) itu?
3. Jika syaitan (iblis) diciptakan dari api, mengapa pada akhirnya ia akan dilemparkan ke neraka yang juga diciptakan dari api. Apakah Tuhan tidak berpikir sejauh ini?

Tiba-tiba, sarjana agama itu menampar wajah pemuda yang bertanya itu dengan sangat keras. Pemuda itu terkejut karena tamparan tiba-tiba itu dan membuatnya menjadi bingung.
“Mengapa anda marah dengan saya?”
“Saya tidak marah kok. Tamparan adalah jawaban saya untuk ke 3 pertanyaan Anda..”

“Saya benar-benar tidak mengerti,” kata pemuda itu. Dia benar-benar bingung.

Sarjana agama itupun mulai menjelaskan.
“Bagaimana perasaan anda setelah saya menampar anda?”
“Tentu saja, saya terkejut dan merasa sakit!”

“Jadi, apakah Anda percaya sakit itu ada?”
“Ya”
“Sekarang tunjukkan bentuk rasa sakit itu kepada saya!”
“Saya tidak bisa. Karena memang tidak berwujud.”
“Itu jawaban pertanyaan pertama dari saya. Kita semua merasakan keberadaan dan kekuasaan Tuhan, tapi tanpa bisa melihat bentuk-Nya..”

“Nah, tadi malam, apakah anda bermimpi bahwa Anda akan ditampar oleh saya?”
“Tidak”
“Apakah Anda pernah berpikir bahwa Anda akan mendapatkan tamparan dari saya, hari ini?”
“Tidak”
“Itu takdir ….. Tangan saya yang saya gunakan untuk menampar Anda, terbuat dari apa?”
“Dari daging.”

“Bagaimana dengan wajah Anda, dari apa itu terbuat?”
“Daging juga!”
“Bagaimana anda merasa tamparan saya?”
“Tentu saja sakit!”
“Nah, walaupun syaitan (iblis) dan neraka diciptakan dari api, jika ALLAH menghendakinya, insyaALLAH neraka akan menjadi tempat yang sangat menyiksa dan menyakitkan untuk syaitan.”

Pemuda itu terdiam mendengar jawaban tak terduga dari sarjana itu. Ia merenungi jawaban-jawaban tersebut. Seorang sarjana agama yang bijaksana telah menjawab semua pertanyaan-pertanyaan sulitnya hanya dengan satu tamparan.

~

Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari cerita di atas.

Leave a comment

Filed under ISLAM

Leave a Reply

