Makanan Buat Orang Bad Mood..

SERING BAD MOOD?

Cobalah memperhatikan asupan makanan mu. Asupan nutrisi juga turut memengaruhi suasana hati. Untuk membantu mu mendongkrak mood, berikut beberapa pilihan makanan yang bisa kamu padukan ke dalam diet sehari-hari.

Lima Makanan Pendongkrak Mood

Ayam dan kalkun

Makanan sumber protein rendah lemak ini kaya akan asam amino yang dikenal dengan tirosin. Asam amino ini beberja meningkatkan kadar zat kimia otak dopamine dan nor-epinephrine. Kedua zat kimia ini bertanggung jawab mengolah motivasi dan waktu reaksi kita.

Selain itu, tirosin meningkatkan kadar energi dan membantu tubuh dalam mengontrol stres. Studi-studi, seperti dikutip situs lilomag.com, menunjukkan, tirosin bisa membantu mengatasi depresi. Temuan-temuan pendahuluan mengindikasikan manfaat sehat tirosin, bersamaan dengan asam amino lainnya, pada penderita kepikunan.

Karena perannya sebagai prekursor nor-epinephrine dan epinephrine (dua hormon utama tubuh terkait stres), tirosin juga membantu meredakan efek merugikan dari lingkungan, psikososial dan stres fisik.

Cabai merah

Capsaicin, kandungan alami dalam cabai, menstimulasi ujung saraf mulut, sehingga menghasilkan sensasi terbakar. Sebagai responnya, otak akan melepaskan endorfin, penghilang sakit alami yang menghasilkan rasa senang sementara. Jadi, semakin banyak kita mengonsumsi cabai, efek menenangkannya juga akan semakin besar.

Pisang

Pisang menawarkan efek pembangkit mood dengan paduan vitamin B6, A dan C, serat, triptofan, kalium, fosfor, besi, protein dan karbohidrat sehat. Dengan mengonsumsi sebuah pisang, kita akan mendapatkan energi cepat dari kandungan fruktosa dan energi berkelanjutan dari serat. Hal ini membantu mencegah naik-turunnya gula darah serta penurunan energi dan mood. Karbohidrat membantu penyerapan tirptofan dalam otak, dan vitamin B6 membantu mengubah triptofan menjadi serotonin pembangkit mood.

Selain itu, pisang juga kaya kalium. Meskipun tidak berkaitan langsung dengan mood, kalium sangat diperlukan untuk mengatur kadar cairan dan menjaga agar otot tetap bekerja dengan benar, yang membuat Anda merasa lebih berenergi. Di samping itu, pisang juga menawarkan besi, yang sangat penting untuk memproduksi energi dan melawan keletihan.

Cokelat

Cokelat mengandung berbagai komponen yang diyakini bekerja mengubah biokimia otak dengan cara postif. Cokelat mengandung triptofan, prekursor serotonin, yang berperan penting dalam mengangkat mood. Sebagian besar obat antidepresi yang diresepkan juga bekerja meningkatkan kadar serotonin. Selain memperbaiki mood, cokelat juga bekerja meredakan kecemasan. Efek ini berasal dari kandunagn GABA, sebuah protein yang mempunyai efek menenangkan suasana hati.

Sereal

Sereal juga bisa membantu meredakan depresi. Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health menemukan, orang-orang yang memiliki kadar nutrisi rendah mengalami lebih banyak gejala depresi. Selain itu, kekurangan asam folat bisa menghambat kerja obat antidepresi. Kita bisa mengatasi masalah kekurangan nutrisi ini dengan mengonsumsi semangkuk sereal kaya besi dan vitamin setiap pagi.

Semoga bermanfaat..

http://www.mediaindonesia.com/

Leave a comment

Filed under remaja, Sekedar Tahu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s