Ayo Kita Beribadah..

– Ukhti KhaiRani –

***

Bukankah kamu senang kalo ada teman mengingat kebaikanmu?? Pasti kamu juga senang kalo ada orang mengucapkan terima kasih padamu. Begitu pila ALLAH SWT, sangat senang kalo kamu terus ingat kepada-Nya. Mengapa? Karena ALLAH telah banyak memberikan nikmatnya kepadamu.

Apa Itu Ibadah??

Cara kita mengingat ALLAH, disebut ibadah. Artinya, perbuatan yang dilakukan agar dapat mendekatkan diri kepada ALLAH SWT. Agar ALLAH senang kepada kita, kita tentunya harus rajin beribadah. Ya kan?? Orang yang tidak pernah beribadah akan jauh dari ALLAH SWT.

Ibadah menunjukkan pula kecintaan kita kepada ALLAH SWT. Orang yang sering beribadah berarti sadar akan dirinya. Ibadah menunjukkan bahwa kita mau berterima kasih kepada ALLAH. Bayangkan, ALLAH telah menghidupkan kita, memberi kita rezeki, memberi kita orangtua yang sangat sayang kepada kita, dan banyak lagi yang lainnya..

Dalam Islam, dikenal berbagai macam ibadah. Yaitu : shalat, puasa, zakat, haji, dan kurban. Selain itu, adapula bentuk ibadah lain, seperti bekerja untuk mencari nafkah, bersilaturahmi, dan berjuang di jalan ALLAH. Semua perbuatan baik yang disukai ALLAH juga termasuk ibadah.. Misalnya, membuang sampah pada tempatnya atau meminjamkan sesuatu kepada teman. Singkatnya, semua perbuatan baik itu dapat bernilai ibadah. Tidak sulit kan??🙂

ALLAH SWT akan selalu memperhatikan orang yang taat beribadah kepada-Nya. Orang yang beribadah akan mendapat ganjaran pahala dan selalu dilindungi oleh ALLAH SWT. Sebaliknya, ALLAH akan menghukum orang yang tidak pernah beribadah kepada-Nya dangan ganjaran dosa..

Mengapa sih, Kita Harus Beribadah??

Beribadah membuat kita selalu ingat kepada ALLAH. Dialah yang menciptakan manusia dan alam semesta ini. ALLAH menginginkan manusia selalu berbuat baik. Karena itu, beribadah menghindarkan kita dari perbuatan buruk. Lalu menunjukkan ketaatan dan kepatuhan kita kepada Sang Maha Pencipta. Bukankan kita juga harus patuh kepada orangtua dan guru??

Nah, ibadah kan menunjukkan kecintaan kita kepada ALLAH. Balasannya, ALLAH pun akan sayang pada kita. Sungguh, betapa beruntungnya orang yang dicintai ALLAH. Rezeki mereka akan terus bertambah dan juga akan selalu dilindungi oleh ALLAH SWT.

Rasulullah SAW, keluarga, dan para sahabatnya adalah orang-orang yang taat beribadah. Mereka tidak lagi beribadah karena merasa diperintah ALLAH. Namun, karena kecintaannya. Mereka beribadah dengan ikhlas dan semata-mata ingin mengadukan persoalannya kepada ALLAH SWT. Dan mereka juga meminta segala sesuatu hanya kepada ALLAH SWT.

ALLAH memerintahkan manusia beribadah kepada-Nya. ALLAH ingin menguji ketaatan dan kepatuhan manusia. ALLAH tidak akan rugi bila ada manusia yang tidak taat perintah-Nya. Sebaliknya, manusialah yang merugi.

Apakah ALLAH Akan Marah Kalau Kita Tidak Beribadah?

Bgaimana kalo kita menyuruh teman, tetapi teman kita itu tidak mau melaksanakannya? Padahal kita sudah mentraktir teman kita itu. Pastilah kita merasa gusar.. >.<

Lalu apakah ALLAH akan gusar kali kita tidak melaksanakan perintah-Nya?? ALLAH tidaklah sama seperti manusia. Dia menyuruh kita beribadah agar kita ingat kepada-Nya. Namun, seperti kita ketahui, Dia tak akan merasa rugi bila manusia justru melupakan-Nya. Manusialah yang akan rugi. Kalo manusia tak mau beribadah, dengan sendirinya dia akan menerima hukuman dari ALLAH. Hukuman ini untuk mengingatkan manusia akan adanya ALLAH. ALLAH mengingatkan kita karena Dia sayang kepada hamba-Nya.

ALLAH benar-benar marah apabila ada manusia yang menyekutukan-Nya. Misalnya, ada manusia yang menyembah berhala, binatang, ataupun roh. Dosa orang seperti ini termasuk dosa besar dan tidak akan diampuni oleh ALLAH. Seperti cerita Fir’aun yang tidak mau menyembah ALLAH. Bagaimanakah akhir dari kisahnya?? Bahkan ceritanya diabadikan dalam Al-Qur’an..

Dengan melakukan ibadah seperti yang sudah diperintahkan, kita akan mendapat manfaat yang sangat besar. Manfaat tersebut dapat kita rasakan di dunia. Salah satu contohnya adalah manfaat shalat. Denganmelaksanakan shalat, hati kita menjadi tenang dan tentram. Shalat juga menurut ahli bisa menyehatkan tubih dan jiwa kita. (lihat : Tahukah? Dahsyatnya Manfaat Gerakan Sholat?)

Shalat menjaga kita dari perbuatan buruk. Nah, mengapa kita bisa berbohong, mencuri, ataupun menyontek?? Hal ini karena diri kira tidak dijaga oleh ibadah. Berterima kasihlah kepada orang yang mengingatkan kamu untuk beribadah yang berarti sayang kepadamu.🙂

Ibadah Apa Yang Paling Disenangi ALLAH??

Semua ibadah, dalam pandangan ALLAH adalah baik. Namun, ALLAH sangat senang pada mereka yang beribadah dengan ikhlas dan kesungguhan. ALLAH juga sangat menyukai mereka yang istiqamah (rajin) dalam beribadah. Istiqamah artinya bersungguh-sungguh serta terus-menerus. Ini tidak akan memberatkan kita, lho.. Karena istiqamah itu bukan berarti kita harus mengerjakan ibadah dalam jumlah yang besar. Sedikitpun boleh, asalkan kita kerjakan dengan sungguh-sungguh secara terus-menerus.

Amal ibadah yang disukai ALLAH ada 3 macam.

Pertama, shalat tepat pada waktunya. Nah, kita sudah shalat tepat waktu belum yaa?? Yuk, mulai sekarang kita mulai berusaha shalat tepat pada waktunya.

Kedua, berbakti kepada ibu dan bapak atau orangtua. ALLAH sangat membenci mereka yang tidak berbakti kepada orangtuanya. Apalagi kepada ibu. Orang tua sudah mengasuh dan mengurus kira dari kecil dan mencurahkan sebagian besar waktunya untuk kita.. Mereka harus kita hormati dan cintai sepenuh hati. Karena ridha ALLAH tergantung ridha orangtua, terutama ibu.

Ketiga, berjuang di jalan ALLAH SWT. Wah, apa maksudnya kita harus berperang?? Tentu saja tidak. Berjuang dijalan ALLAH tidak selalu harus berperang.. Mencari dan menuntut ilmupun punya nilai yang sama bear dengan berjuang di jalan ALLAH.

***

sekian tulisan ini saya sampaikan, semoga bermanfaat dan berguna bagi yang membaca.

AYO KITA BERIBADAH !!!

2 Comments

Filed under ISLAM

2 responses to “Ayo Kita Beribadah..

  1. Pingback: Ayo Kita Beribadah (2).. « Missing Princess's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s