ORANG PINTAR? PILIH TOLAK ROKOK!

10 KESALAHAN TERBESAR DALAM MITOS ROKOK

SAVE CHILD FROM SMOKE

  1. Merokok itu keren dan modern. Yang benar adalah merokok membuat gigi kuning, kulit keriput, mata merah dan nafas bau. Apakah ini tandanya keren dan modern ?
  2. Kamu enggak ingin ketinggalan zaman sebab sekarang semua orang merokok. Yang benar adalah hanya satu diantara lima siswa SMU adalah perokok, tetaplah pada pendirianmu, beranikah untuk mengatakan “tidak”?Mereka akan mengagumimu “PD” kamu dan kamu pastinya bangga juga.
  3. Kamu masih muda bisa berhenti kapan saja kamu mau. Yang benar adalah . Sekali kamu mencoba merokok, sulit untuk berhenti karena nikotin adalah zat aditif. Kenyataannya adalah sebagian besar perokok berat, mulai merokok pada usia remaja dan mereka sulit untuk berhenti.
  4. Merokok membuat kamu seksi. Pernah dengar ? Mencium perokok seperti mencium asbak. Ini sih keterlaluan. Tapi iya juga! Belum lagi rambut dan baju kamu berbau seperti cerobong asap.
  5. Merokok menjadi badan langsing. Kalau ini benar , kamu nggak pernah melihat orang gemuk merokok dong! Buktinya, perokok bisa gemuk atau kurus.
  6. Merokok bukan masalah dan tidak akan mematikan. Yang benar adalah, walaupun dibutuhkan waktu 10 – 20 tahun , tetap terbukti rokok mengakibatkan 80% terjadinya kanker paru dan 50% terjadinya serangan jantung , disamping berbagai kanker lainnya , impotensi, gangguan kesuburan dan lain-lain. Bahkan aktor cowboy Marlboropun mati karena kanker paru.
  7. Kalau sedikit tidak apa-apa. Yang benar adalah : Berapa isapan saja sudah meningkatkan denyut jantung ,tekanan darah , kekurangan oksigen, nafas tersengal-sengal, batuk, mual, sakit kepala. 43% dari orang yang merokok 3 batang saja sehari, sudah dapat menimbulkan ketagihan dan meningkatkan resiko serangan jantung 2-3 kali dibandingkan yang tidak merokok.
  8. Kalau kamu kuat dan mandiri , tidak seorangpun bisa mengatur kamu untuk tidak merokok. Yang benar adalah : Kebebasan dan kedewasaan berarti bisa memutuskan sendiri apa yang baik bagi diri sendiri berdasarkan logika dan nalar yang benar , Tidak harus ikut-ikutan.
  9. Merokok pasti tidak jelek, buktinya diiklankan secara luas dimana-mana. Apa kamu nggak sadar bahwa tanpa keuntungan yang aduhai, iklan rokok akan rela menginvestasikan modalnya buat prosi bermilyar-milyar ? Dari mana untungnya ? Ya dari ketagihan kamu itu !
  10. Masa iya iklan rokok akan berbohong. Sekarang begini saja, Beli permen yang bisa diecerpun ada tulisan daftar kandungan isi dibungkusnya. Apalagi rokok yang komoditasnya mendunia . Apa kamu pernah lihat daftar kandungan bahan berbahaya di bungkus atau iklan rokok ?

Nuah, jadi buat para ‘Rokok LOVERZ’.. Udah tau kan yang betul sebenarnya.. Sekarang tergantung kamu aja, apakah masih mau merokok? Kalo aku sih, ‘ogah dah’.

Provided by

SAVE CHILDRENS FROM SMOKE

Working together make a smoke-free homes and smoke-free zones for all children

Leave a comment

Filed under remaja, Sekedar Tahu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s