Blogger Attitude

Best Regards,
Missing Princess
Rani~ 

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Api Cemburu #EdisiMotivasi

Pecinta warna kuning itu, yang katanya pencemburu

Kau tahu, itu benar adanya

Mereka yang bersinar disekelilingnya

Menyulutkan api , api cemburu

 

Orang bilang, jangan suka lihat ke atas

Membuat hati menciut dan nyali kandas

Lihatlah ke bawah, kan terlihat indah anugerah

Tapi siapa yang pasti, urutan hanya ilusi

 

Harapan lebih dari kenyataan

Sebuah ironi yang manusiawi

Ayo tegakkan kepala busungkan dada

Masih ada jalan tuk tunjukkan pada dunia

 

Tangan itu untuk berkarya

Kaki itu untuk melangkah

Akal itu untuk berpikir

Hei, hati itu bukan untuk mengeluh

 

Pecinta warna kuning itu, yang katanya pencemburu

Kau tahu, itu benar adanya

Mereka yang bersinar disekelilingnya

Menyulutkan api , api cemburu

~ Continue reading

2 Comments

Filed under Puisi, remaja

Kerja Keras VS Kerja Cerdas

Lama vakum dari blog ini bukan berarti minatku hilang untuk menulis dan berbagi lewat tulisan. Kesibukan harianku sebagai mahasiswa teknik hanyalah salah satu alasan di antara berjuta lainnya yang tak perlu kusebutkan satu persatu.

Tulisan ini sendiri kudapatkan idenya dari file proposal acara yang kulihat beberapa waktu yang lalu. “Wah, kestarinya seorang pekerja keras”, itulah pikirku. Bagaimana tidak, setiap halaman ada latar belakang gambar yang dimasukkan dalam bentuk ‘gambar’ yang artinya harus manual di masukkan satu persatu ke setiap halaman. Saat mau diganti gambarnya tentu harus dihapus pula satu persatu gambar tersebut dari setiap halamannya. Jika aku tidak tahu triknya, tentu aku akan menambahkan gambar yang baru pula di setiap halamannya secara manual, padahal masalah latar belakang ini bisa diakali dengan pemberian watermark yang otomatis akan muncul di semua halaman, sehingga tidak perlu dimasukkan gambar satu-persatu. Rekanku menimpali dengus kesalku, “itulah beda kerja keras dan kerja cerdas”. Continue reading

1 Comment

Filed under Interest, Princess Babble

Kamu Mencuci Beras Berapa Kali?

“Ran, kamu kalo cuci beras gimana?”

“Ya dicuci aja..” *sambil meragain ngaduk2 udara pake tangan*

“Tau ga kalo beras di cuci vitamin B1 nya hilang?”

“Ha? Iya? Jadi gimana?”

“Sekarang kalo aku masak nasi langsung masak aja ga pake cuci lagi. Haha”

Itu adalah percakapan singkat bersama seorang teman beberapa hari yang lalu. Jujur Rani sama sekali ga tahu menahu masalah nyuci beras bisa menghilangkan kandungan B1 (thiamin) dalam beras. Alhasil, tentu saja nanya ke mbah kesayangan yang selalu setia kapan pun dan di mana pun dibutuhkan oleh siapa pun, mbah gugel.

Continue reading

Leave a comment

Filed under Interest, Sekedar Tahu

Sang Pemimpi(n)

#EDISI MOTIVASI

Salam hangat penuh semangat untuk semua sahabat para calon penakluk mimpi dimanapun sahabat berada.

Fitrahnya manusia pasti mempunyai mimpi yang ingin diwujudkannya. Namun ada saja yang terus tidur dan hanya bermimpi, ada pula yang bangun dan berusaha mewujudkan mimpinya itu.

Seperti judul postingan kali ini, Sang Pemimpi(n), apakah yang dimaksud disini adalah Pemimpi atau Pemimpin, tergantung dari kita yang membacanya. Hal yang membedakan pemimpi dan pemimpin hanyalah huruf ‘n’, lalu apa makna dari ‘n’ itu? Huruf ‘n’ disini mewakili nyali atau keberanian seseorang. Maksudnya adalah dengan nyali atau keberanian seseorang dapat memimpin dirinya mewujudkan mimpi-mimpinya.

Alam semesta ini terdiri dari energi positif dan energi negatif. Tahukah sahabat sekalian, saat kita optimis terhadap sesuatu, berarti kita dipenuhi oleh energi positif. Saat kita penuh oleh energi positif, maka energi positif lainnya akan ikut berkonspirasi untuk mewujudkan apa yang kita optimiskan tersebut. Namun apabila energi positif kita mulai menurun dan mulcul sikap pesimis, maka energi negatif akan merasa terundang untuk terus menurunkan kepercayaandiri yang sebelumnya menggetarkan jiwa.

Saat kita berada di zona kritis, yaitu merasa krisis semangat dan merasa mimpi yang kita punya itu terlalu besar untuk di genggam, disitulah dibutuhkan motivasi-motivasi sebagai bahan bakar untuk membesarkan keyakinan bahwa tidak ada mimpi yang tidak pantas. Jika berani bermimpi, maka mimpi itu adalah pantas untuk kita. Atau kalau tidak maka kitalah yang harus memantaskan diri untuk mimpi itu.

Sudah baik berani untuk memupuk mimpi dengan semangat yang membara. Tapi pasti tiba saatnya untuk menambah keberanian serta usaha memimpin diri untuk mewujudkannya dan menjadi penakluk mimpi yang sebenarnya. Maka dari itu jangan pernah patah semangat, terus cari bahan bakar motivasi agar terus bisa meju ke depan dan menatap masa depan yang diidamkan.

“People often say that motivation doesn’t last. Well, neither does bathing. That’s why we recommend it daily.”

motivational quotes

~

Tambahan

Salah satu cara untuk terus memelihara semangat menaklukkan mimpi adalah dengan berkumpul bersama orang-orang sevisi dan semisi. Disitulah kita akan menemukan motivator-motivator hebat dan reminder-reminder yang takkan kenal lelah untuk berusaha merangkul dan menggandeng kita hingga bersama-sama menjadi penakluk mimpi yang sebenarnya.

Salam #SPMuntukINDONESIA  :)

Leave a comment

Filed under Interest, remaja

AKU IDEALIS. SO WHAT?!!

#EDISI_CURCOL

Saya sering mendengar orang memandang negatif kepada orang yang punya idealisme tertentu. Mulai dari sindiran halus hingga langsung to the point cara penyampaiannya. Sombong lah, egois, whatever lah, pokoknya disana kadang saya merasa sedih.

Well, sebenarnya saya cukup ‘merasa’ karena saya termasuk orang yang idealis. Sebagai seorang anak rantau, saya merasa amat sangat pentingnya adaptasi demi menjalani hidup yang nyaman dan aman di tanah orang. But still, kita tidak bisa terus menekan sifat asli dan bersandiwara menjadi orang kebanyakan hanya supaya tidak ‘dikomentari’ oleh orang lain. Percaya atau tidak itu sangat melelahkan dan munafik.

Ada 3 tipe orang yang paling tidak saya sukai.

  1. Orang yang kurang menghargai waktu
  2. Orang yang kurang menghargai barang
  3. Orang yang kurang menghargai usaha

Kalau saya sudah kesal, biasanya saya bisa menyindir halus sampai pedas atau langsung bicara to the point tanpa basa-basi, tergantung kepada orang yang bersangkutannya juga. The problem is, terkadang respon orang menanggapinya berbeda-beda.

Seperti orang idealis kebanyakan, saya pun termasuk orang yang keras kepala. Jika saya sudah merasa yakin akan suatu hal, maka keyakinan itu akan sulit dibelokkan apalagi dipatahkan kecuali dibantah oleh suatu hal yang lebih pasti dan dapat dipertanggung jawabkan. Tapi jangan salah, ini bukan berarti saya close minded, saya tetap open minded, tetap menerima apa pun input dari luar, namun di filter dan disesuaikan dengan keyakinan dan logika.

Sayangnya mungkin sikap seperti ini terlihat angkuh, sombong, dan egois di mata beberapa orang. Ini dia yang menjadi masalah terutama bagi perantau di tanah orang. Hal-hal ini kadang membuat idealisme itu goyah dan orang tersebut beralih menjadi realistis yang tertutup. Lalu sebenarnya apa yang harus dilakukan?

Bagi Anda yang mengalami masalah sama, jangan khawatir. Selama kita tidak mengganggu dan menyusahkan orang lain, jangan takut menegakkan idealisme tersebut. Kenapa harus memikirkan penilaian orang lain yang bahkan mungkin tidak mengerti alasan dari sikap idealis kita.

Jadi, Aku idealis. So what?!

Leave a comment

Filed under Princess Babble

Ditindih Jin atau ….

Sahabat apa pernah mengalami sesuatu yang tidak beres saat bangun tidur seperti tidak bisa bergerak, merasa berat seperti ditekan atau ditindih sesuatu, merasa napas menjadi sesak, bahkan untuk mengeluarkan suara pun hanya seperti ikan yang megap-megap menyedihkan tanpa air. “Itu ditindih jin”, begitulah kepercayaan orang-orang zaman dahulu kala yang masih dipercayai masyarakat awam sampai sekarang.

Mama dan adik Rani mengaku pernah mengalami kejadian ini.  Alhamdulillah sampai detik ini Rani belum pernah merasa seperti ‘ditindih’, well mudah-mudahan jangan pernah.. Tapi kalau merasa seperti badan berat saat bangun tidur pernah juga beberapa kali tapi tak sampai tidak bisa digerakkan, karena masih bisa bergerak dengan bebas jika memang diinginkan. Tentu hal ini membuat rasa penasaran untuk mencari tahu lebih lanjut apakah ada alasan logis dan ilmiah untuk fenomena ‘ditindih jin’ ini.

Setelah sedikit kepo mengenai fenomena ini, akhirnya terbukalah jendela pengetahuan baru yang dapat menambah wawasan yang masih sempit. Ternyata ‘ditindih jin’ ini bukanlah hal yang terlalu mistis karena terjadi di berbagai belahan dunia bukan hanya di Indonesia dan mungkin terjadi pada siapa saja. Sebutan kerennya adalah Sleep Paralysis (lumpuh tidur).

Menurut medis, Sleep Paralysis [selanjutnya disebut SP aja] hampir dialami oleh semua orang paling tidak sekali dua kali dalam hidupnya, dengan usia rata-rata 14-17 tahun untuk pengalaman perdananya. SP bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Umumnya SP terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang, dan lebih sering terjadi pada mereka yang mengalami kelelahan yang over atau yang kurang tidur. Mereka yang biasa minum obat pemenang juga memiliki kemungkinan lebih besar mengalami SP. Yang menarik, saat SP terjadi kita sering mengalami halusinasi yang berujung dikaitkan pada hal-hal mistis dan supranatural.

Untuk menambah pengetahuan aja, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, SP adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap REM (Rapid Eye Movement).

Kenapa disebut REM? Karena ketika kita masuk ke kondisi REM, detak jantung bertambah cepat, hembusan nafas menjadi cepat dan pendek dan mata kita bergerak dengan cepat. Dalam kondisi inilah mimpi kita tercipta dengan jelas dan kita bisa melihat objek-objek di dalam mimpi. (Rapid eye movement=Mata bergerak cepat)

Usaha untuk menelitinya telah berlangsung sejak tahun 1950an, namun baru benar-benar bisa dipahami ketika para peneliti mulai mengerti hubungan antara kondisi REM (Rapid eye movement) dengan mimpi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM). Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah SP terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi. Jadi sebenarnya fenomena ini ada penjelasan ilmiahnya.

Tapi di luar berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan, kita tidak bisa memungkiri bukan yang kasat mata saja yang memenuhi dunia ini, ada makhluk-makhluk tak kasat mata yang juga ikut menumpang di dunia. Maka bersyukurlah bagi kita yang masih memiliki Tuhan tempat kita berlindung, the guardian of His true believers. Jangan percaya dengan ‘kata orang’ yang bilang kalo ditindih itu buang ludah ke arah kiri atau apalah katanya, karena secara logika dan agama, itu tak ada kaitannya.

Bagi yang beragama Islam, Allah lah tempat kita berlindung. Makanya sebelum tidur jangan lupa baca do’a, baca juga 3 Qul (An-Naas, Al-Falaq, Al-Ikhlas), ayat kursi, lebih bagus lagi kalo kita bersuci dulu sebelum tidur (wudhu/mandi wajib kalo ada hadas besar). Terus jangan pernah ninggalin shalat, shalat itu buat hati tenang dan tentram, rajin-rajin juga baca Al-Qur’an, InsyaAllah akan menjadi pagar pelindung kita.

~

Just FYI :

Mitos SP di berbagai negara memiliki nama yang berbeda-beda pula.

  • Di budaya Indonesia disebut ditindih jin atau ada beberapa masyarakat yang mengenal dengan sebutan ‘rep-rep’.
  • Di budaya Afro-Amerika disebut the devil riding your back atau iblis yang menaiki punggung seseorang.
  • Di budaya China disebut gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.
  • Di budaya Meksiko disebut se me subio el muerto atau kepercayaan adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.
  • Di bidaya Kamboja, Laos dan Thailand disebut pee umm yang mengacu pada kejadian dimana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka.
  • Di budaya Islandia disebut mara yang artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas.
  • Di budaya Tuki disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil napasnya.
  • Di budaya Jepang disebutkanashibari yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus.
  • Di budaya Vietnam disebut ma deyang artinya dikuasai setan atau lebih akrab disebut kesurupan.
  • Di budaya Hungaria disebutlidercnyomas dan dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany (penyihir).
  • Di budaya Malta dianggap sebagai serangan oleh Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang dengan cara merasuki orang tersebut.
  • Di budaya New Guinea disebutSuk Ninmyo yaitu pohon keramat yang memakan roh manusia di malam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari, namun seringkali orang yang rohnya sedang disantap pohon ini terbangun.

(reference)

Leave a comment

Filed under Interest

Simpang Pocong dan Bus No. 19

Alhamdulillah, tidak terasa kaki telah melangkah untuk menuntut ilmu di semester 2. Semangat agar terus tetap berusaha dan istiqamah tidak boleh hilang dari genggaman. Apalagi ada si abang yang memberikan motivasi lebih dan alasan untuk terus melakukan yang terbaik, haha..

Selama satu semester bulak-balik dari Air Tawar-Limau Manih, sepertinya untuk semester baru ini belum ada perubahan juga. Walaupun sudah ada beberapa senior yang menyarankan untuk ngekos aja, tapi apalah daya situasi belum mengijinkan.

Di semester 2 ini dengar-dengar dari senior katanya gamrek (menggambar rekayasa) adalah pintu gerbang dari dunia teknik yang sebenarnya. Asistensi bersama senior yang tidak tentu jadwalnya bisa saja mengharuskan kami untuk siap siaga berkumpul bahkan ketika matahari telah terbenam. Tentu ini menjadi permasalahan tersendiri untukku yang tinggal jauh dari lokasi kampus. Belum lagi cerita-cerita mistis yang kudengar dari rekan-rekan ngobrol yang membuat ‘ogah’ untuk berlarut-larut di kampus. Salah satunya adalah cerita simpang pocong dan bus no. 19..

Pernah suatu waktu, ada uni teknik yang mau pulang dari kampus saat jam sudah menunjukkan lebih dari pukul 8 malam (ntah pukul 9 atau seterusnya). Uni itu diceritakan habis dari lab dan entah bagaimana ceritanya uni itu pulang terakhir. Dengan keberanian yang luar biasa, uni itu nunggu bus di halte depan fakultas teknik. Tak berapa lama, lewatlah bus kampus dari simpang sebelah gedung H, ya, bus no. 19. Karena memang mau pulang maka naiklah uni itu ke bus kampus yang tentu saja sepi alias cuma dia sendiri yang jadi penumpang karena memang sudah malam.

Tanpa berfikir macam-macam mungkin karena kelelahan ingin cepat pulang ke kosan, perjalanan bus kampus yang menyusuri jalanan Unand di malam hari pun berjalan dengan hening dan lancar. Namun saat bus kampus melewati PKM, bus itu berhenti. Uni itu bingung kenapa busnya berhenti, ternyata ada pak satpam di luar yang menghentikannya.

“Mau pulang nak?”

“Iya pak..”

“Sini turun dulu”

“Nggak pak, kosan saya di bawah..”

“Mari saya antar saja”

“Tidak usah pak, kosan saya dekat, pakai bus saja sampai kok”

Setelah penolakan berkali-kali dari si uni dan bujukan  yang juga gigih berkali-kali pula dari pak satpam, akhirnya uni itu menyerah dan menurut untuk diantar saja oleh pak satpam.

Keesokan harinya, mungkin ada rasa penasaran yang tertinggal di benak uni tu mengenai kejadian kemarin malam. Uni itu pun menemui pak satpam tersebut dan bertanya kenapa tadi malam pak satpam itu begitu gigih untuk mengantarkan uni itu pulang ke kosannya..

“Kamu nggak sadar ya nak,tadi malam itu kamu bukan naik bus..”

“Jadi naik apa pak?”

“Naik keranda yang dibawa oleh pocong.”

“…”

Uni itupun berterima kasih kepada pak satpam dan minta maaf atas kekeraskepalaannya tadi malam.

Sejak saat itu bus no. 19 jadi terkenal dan simpang tempat keluarnya bus tersebut disebut simpang pocong.

Cerita seperti itu apakah benar atau hanya guyonan belaka, tidak ada yang bisa memastikannya. Cerita yang hanya di dengar dari mulut ke mulut ini hanya memberikan suatu nasihat, “Jangan pulang terlalu malam dari kampus, kalaupun tidak bisa dielakkan, usahakan ada teman yang bisa menemani atau ada kendaraan. Jangan pernah naik bus atau angkot yang lewat di kampus di atas jam 8 malam, karena siapa tahu, itu bus beneran atau bus-busan.”

Tentu kita sebagai makhluk yang memiliki Tuhan tidak boleh takabur dan selalu berlindung pada-Nya. Namun untuk berhati-hati dan selalu waspada tidak ada salahnya. Bagaimana ke depannya, mungkin biar dijalani saja dulu, kalau sanggup semoga setiap langkah menjadi berkah..

Harapan terakhir, semoga di semester baru ini bisa menjadi anak yang lebih baik dan membanggakan orangtua serta lebih berguna bagi sesama. Aamiin..

1 Comment

Filed under Princess Babble