Katanya Kacang Bikin Jerawatan ?

Haii.. Tau kacang kan? Biasanya sering buat cemil-cemilan kalo lagi nyantai.. Atau menjadi makanan ringan saat menjalani sebuah kegiatan..

Jadi pernah waktu itu, ada kerja kelompok di rumah Rani. Pas Rani dan kawan-kawan lagi ditengah latihan, tiba-tiba abah Rani datang bawa sebungkus besar kacang g*rud*. Nah, jadi so pasti kami semua pada makan kacang berjamaah. Tapi ada teman Rani yang ga mau, padahal gratis lho.. Tidak dipungut biaya sepeserpun xp

Dia bilang, “kata mamaku, kacang itu bikin jerawatan.. Jadi ga mau ah..”

Yah, itulah remaja, apalagi yang putrinya. Suka sok nolak, padahal mau tuu *ga ngacak, Rani emang remaja apa?*.. Terkadang sesuatu yang seperti itu dianggap musuh karena dapat merusak penampilan luarnya (baca:buat muka benjol-benjol [?] a.k.a jerawatan).

Nah, apa kamu juga berpikir begitu? Sebenarnya itu ga bisa disalahkan.. Karena memang dapat membuat akibat begitu KALAU dikonsumsi secara BERLEBIHAN. Dengan kata lain, kalo hanya dikonsumsi sebagai selingan dan dalam ukuran wajar, ya tidak apa-apa..

Soalnya ya, kacang itu bukan hanya enak dimakan untuk cemilan/makanan ringan aja.. Kadang kan juga buat bumbu-bumbu masakan, atau buat selai roti, dan lain-lain (tenang aja, boleh request kok [?]). Dan, buat sahabat Rani yang lagi menyusun program dietnya, ternyata, kacang itu kaya akan nutrisi sehat yang merupakan bagian penting buat diet sehari-hari !

Kacang itu mengandung berbagai asam lemak tak jenuh, protein, vitamin, serat serta mineral yang seimbang. Sebuah studi menunjukkan seporsi kecil kacang per hari menurunkan risiko penyakit jantung hingga 40%, cuy ! Dan juga pula, kacang itu dapat memberikan efek suasana hati yang baik karena merangsang produksi serotonin dan sekresi endorfin. Rambut, tulang, gigi dan kulit kita juga mendapatkan manfaat dari vitamin E dan K pada kacang. Jadi banyak manfaatnya kalau kita konsumsi (sekali lagi, yang dimaksud adalah konsumsi secara wajar).

Nah, salah satu jenis kacang yang sangat paling terpopuler sekali dikalangan semua para setiap orang terutama dan yang paling utama para remaja adalah …. *ga efektif banget sih* .. KACANG TANAH !

Kacang tanah itu banyak mengandung serat untuk melancarkan fungsi pencernaan lho.. Kacang tanah juga memiliki efek menenangkan dan membuat tidur kita lebih nyenyak.

Kalo kacang kenari juga sangat baik karena meningkatkan kemampuan konsentrasi dan menenangkan saraf. Soalnya kacang kenari itu berisi asam lemak omega-3 yang dapat mencegah kanker, penyakit jantung dan diabetes ! Ternyata kacang itu keren yaa..

Kacang Kenari

Terus, para sahabat yang punya ortu yang punya kolesterol tinggi, bisa dikasi tau tuh kalo kacang macadamia dapat membantu mengatasinya. Soalnya dengan asam lemak tak jenuh ganda dan minyak sehatnya, kacang ini memperkuat sistem kardiovaskular dan merangsang metabolisme alami tubuh.

 

Kacang Macadamia

Kacang almond juga berdampak positif pada pencernaan dan saluran pencernaan. Selain itu juga minyak almond sangat baik untuk perawatan kulit, karena memberikan kelembaban dan minyak alami, yang sangat penting untuk kulit sehat.

Kacang Almond

Kacang mete memiliki kadar magnesium yang sangat tinggi. Magnesium mempromosikan pertumbuhan otot dan mencegah stres. Berkat kandungan zat besinya, kacang mete juga dapat membantu mengatasi anemia.

Kacang Mete

Sebenarnya belum ada penelitian yang membuktikan mengonsumsi kacang bisa menyebabkan jerawat. Karena penyebab jerawat itu kan kalo ga salah adalah meningkatnya kadar minyak dan adanya sumbatan pori-pori. Lagipula, selain kurang menjaga kebersihan kulit, penggunaan kosmetik yang menyumbat pori juga bisa membuat jerawat timbul.

Saran Rani, buat remaja putri, ga perlulah pake kosmetik-kosmetik macam mba-mba di mall, atau macam ibu-ibu mau kondangan. Sederhana aja, ga usah berlebihan.. *Karena Rani pun ga suka make kosmetik apalagi yang berlebihan

Nah, trus ini juga ada saran agar jerawat ga sampai mengganggu penampilan alias cara buat mencegahnya. Salah satu caranya yaitu dengan mengurangi konsumsi buah-buahan dari golongan sitrus (jeruk) dan makanan tinggi yodium seperti udang, kerang, dan cumi-cumi. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial yang berasal dari biji-bijian. *Tapi untuk Rani sendiri, susah.. Coz, suka Jeruuuk…

Terus stres dan kurang tidur juga bisa membuat jerawat muncul, lho.. Bila kita kurang tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon seperti DHEA yang akan membuat jerawat semakin parah.. Kalo ga percaya, coba saja buktikan. Tanggung sendiri hasilnya yaa..

Haha, jadi ngebahas jerawat ginu. Gapapa dah, sekilas info. Balik lagi ke kacang. Jadi, setelah membaca ini, Rani harap sahabat ga ragu lagi memilih kacang sebagai kudapan. Tapi tetap ingat , jangan berlebihan lhoo.. Semoga aja, *buat yang takut jerawatan* yang ditakutkan takkan muncul..

referensi

Leave a comment

Filed under remaja, Sekedar Tahu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s